Antisipasi Banjir, Gabungan TNI-Polri Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air

0
Kerja bakti gabungan TNI-Polri, Muspika, BPBD dan warga bersihkan selokan jalan Desa Siwatu Wonotunggal, Batang, Jumat (31/1/2020) (PUSKAPIK/ISTIMEWA)

BATANG (PUSKAPIK) – Puluhan personel gabungan dari TNI-Polri, Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan), BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Batang bersama masyarakat mengadakan kerja bakti bersihkan saluran air sepanjang jalan raya Desa Siwatu, Wonotunggal, Jumat (31/1/2020).

Kapolsek Wonotunggal, AKP Sukamto mengatakan, kerja bakti dilakukan karena
sudah banyak tumpukan tanah dan material di saluran air. Dikhawatirkan terjadi penyumbatan pada saluran yang bisa menyebabkan banjir pada musim hujan ini.

“Kami bersama Muspika akan terus mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air,” katanya, sabtu (1/2/2020).

Danramil Wonotunggal Lettu Sumari mengungkapkan, kegiatan ini wujud dari sinergitas TNI-Polri dan pemerintah bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan. Gotong-royong mempercepat penyelesaian pekerjaan. “Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan,” katanya.

Camat Wonotunggal, Himawan menjelaskan, kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Kerja bakti membersihkan lingkungan bagian dari menjaga dan antisipasi agar tidak terjadi banjir dan bencana lainya.
“Saya harap masyarakat desa mengembalikan semangat gotong-royong dan kerja bakti, karena itu budaya kita,” katanya. (MJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini