Kemensos RI Berikan Bantuan ATENSI kepada 219 PPKS di Kabupaten Pemalang

0
Kepala Dinsos Pemalang, Mu'minun (batik kuning) dan Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana menyerahkan bantuan ATENSI ke PPKS.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Pemalang mendapat bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Bantuan ATENSI tersebut diberikan langsung kepada 219 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Pemalang melalui Sentra Terpadu Kartini, Kabupaten Temanggung.

Bantuan ini menyasar PPKS kluster penyandang disabilitas dan lanjut usia, berupa bantuan kewirausahaan dan pemenuhan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Serah terima bantuan ATENSI berlangsung di Aula Panti Pelayanan Lanjut Usia (PPSLU) Kelurahan Bojongbata, Dinas Sosial KBPP Kabupaten Pemalang, Jumat 15 Desember 2023.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana, menjelaskan, penyerahan bantuan dilakukan berdasarkan asesmen kebutuhan kewirausahaan dan bantuan yang diperlukan para penerima manfaat.

Iyan Kusmadian menuturkan, sebelumnya pada triwulan satu dan dua Kemensos RI sudah menyerahkan bantuan kepada para penerima manfaat PPKS.

“Penyerahan bantuan kali ini, merupakan bantuan triwulan ketiga sebanyak 219 paket bantuan,” tutur Iyan.

“Setiap paket bantuan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar penerima yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan mereka,” imbuhnya.

Bantuan tersebut meliputi 75 paket bantuan dialokasikan untuk lansia dan 75 paket bantuan diberikan kepada penyandang disabilitas berupa pemenuhan kebutuhan dasar.

Kemudian terdapat bantuan aksesibilitas berupa 49 alat bantu berupa kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu, tangan palsu, kursi roda untuk penyandang disabilitas dewasa dan anak-anak.

Bantuan ATENSI juga diperuntukan pengembangan wirausaha ke 20 penyandang disabilitas yang dipilih berdasarkan kemampuan, keterampilan, dan usaha yang sudah dimulai guna mendorong pertumbuhan dan kemandirian lebih lanjut.

“Jenis bantuan kewirausahaan berupa, jualan sembako, jualan bawang merah, jualan dan pembuatan susu kedelai, menjahit, bengkel, dan jasa pijat.Total nilai bantuan, 313.301.500 Rupiah,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Pemalang melalui Kepala Dinas Sosial KBPP, Mu’minun, berpesan kepada para penerima manfaat agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara bijaksana.

“Gunakanlah bantuan itu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, memenuhi kebutuhan yang menjadi prioritas untuk segera dipenuhi, mendukung aktivitas produktif,” kata Mu’minun.

“Rawatlah bantuan yang telah diberikan dengan baik agar awet dan dapat berfungsi secara optimal,” imbuhnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini