Peringati Harlah 1 Abad NU, Ribuan Warga Pemalang Jalan Sehat Sarungan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ribuan warga Kabupaten Pemalang mengikuti jalan sehat sarungan peringatan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang berpusat di halaman Gedung MWC NU Pemalang, Jalan KH Samanhudi, Kelurahan Pelutan, Minggu 22 Januari 2023.

Mereka sangat antusias mengikuti jalan sehat bersarung serta berkerudung yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Pemalang ini. Para peserta berbondong-bondong datang membawa keluarga mereka memadati Gedung MWC NU sejak sebelum fajar terbit.

Ribuan peserta jalan sehat itu kemudian dilepas Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat. Mereka berjalan-jalan memutari Kelurahan Pelutan-Kebondalem. Mulai anak-anak hingga orang tua tampak kompak meramaikan kegiatan peringatan Harlah 1 Abad NU ini.

“Iya ini asik ya, kalau soal pakai kerudung sehari-hari saya juga berkerudung. Ini ramai-ramai saya ajak suami, anak dan juga adik saya untuk ikut ini. Karena lumayan hadiah utamanya tiket Umrah.” jelas Anisah, salah satu peserta.

Dalam jalan sehat ini, peserta laki-laki wajib memakai sarung, sedangkan peserta perempuan memakai jilbab untuk menutup aurat. Alasannya, sarung maupun kerudung disebut-sebut identik dengan warga Nahdatul Ulama atau yang biasa disebut kaum Nahdliyin.

“Jalan sehat pakai sarung ini keren sih, karena tidak pernah ada yang begini di Pemalang.” tutur Udin, peserta lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Dastro, menyebut, ide jalan sehat sarungan tersebut datang dari internal MWC NU Pemalang. “Ya kaum sarungan. Sarungan ini kan identik sama NU. Lewat kegiatan ini kita ingin membumikan, membudayakan pakai sarung.” jelas Dastro.

Beragam hadiah menarik diberikan dalam kegiatan jalan sehat ini. Kepada puskapik.com, Dastro menegaskan, seluruh pendapatan kupon yang dipatok Rp 5000 dalam kegiatan jalan sehat ini, bakal digelontorkan untuk membantu pembangunan gedung MWC NU Pemalang.

“Jadi kupon ini bentuk infaq. Pendapatan kupon bukan untuk beli hadiah. Seluruh hadiah jalan sehat ini merupakan sodaqoh (pemberian) para dermawan yang berkhidmat dengan Nahdatul Ulama.” jelasnya.

Selain jalan sehat, disepanjang jalan depan gedung MWC NU Pemalang juga terdapat stand bazar UMKM selama acara berlangsung. Ada sekitar 20 stand yang didirikan oleh perwakilan ibu-ibu Muslimat dari kelurahan/desa di Kecamatan Pemalang.

Mereka menjual beraneka ragam makanan dan minuman. Ketika sepulang jalan sehat, peserta langsung memburu makanan yang disukai. Melalui bazar UMKM ini, panitia ingin meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Penulis : Nailil Inayah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini