Begini Naik-Turun Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan di Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah stok bahan pokok dan bahan pangan di Kabupaten Pemalang dipastikan aman. Beberapa komoditas mengalami kenaikan dan penurunan harga, namun masih wajar.

Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pemalang sudah melakukan monitoring stok bahan pokok, penting, dan umum di pasaran pada minggu ke IV bulan Maret 2022.

“Hasilnya stok masih aman menjelang bulan puasa,” ujar Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Diskoperindag Pemalang, Tiyas Kusbudiarsih, Rabu 30 Maret 2022.

Selain memantau stok, kata Tiyas, pihaknya juga memantau perkembangan harga komoditas tersebut di pasaran. Berdasarkan hasil pantauan, ada kenaikan harga di pasaran, namun masih wajar.

“Tapi masih wajar. Terjadi kenaikan harga akibat persediaan tetap sedangkan permintaan bertambah. Penurunan harga karena stok melimpah tapi permintaan tetap,” jelasnya.

Komoditas bahan pokok/pangan yang mengalami kenaikan harga meliputi cabe merah besar, bawang merah, kacang tanah, kacang hijau, gula pasir, daging ayam kampung, telur ayam negeri, telur ayam kampung, dan bandeng.

Rata-rata kenaikan harga bahan pokok/pangan di Kabupaten Pemalang tersebut 1,52%. Komoditas yang mengalami kenaikan signifikan adalah kacang tanah, kacang hijau, dan ikand bandeng (Rp 300 – 400).

Kemudian, komoditas bahan pokok/pangan yang mengalami penurunan harga seperti beras IR64, cabe merah keriting, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, bawang putih, minyak goreng curah, dan daging ayam ras.

Rata-rata penurunan harga bahan pokok/pangan di Kabupaten Pemalang ini 4,17%. Komoditas yang mengalami penurunan signifikan adalah cabe merah keriting (Rp 2.500), cabe rawit merah (Rp 1.800), dan cabe rawit hijau (Rp 2.200).

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Editor : Embong Sriyadi

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini