Sejumlah Orang Tua Siswa di Tegal Larang Anaknya Vaksinasi di Sekolah, Kenapa?

Para siswa MTs N2 Slawi, Kabupaten Tegal, sedang mengikuti vaksinasi di selolah, Selasa pagi, 14 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/SR
Iklan

PUSKAPIK.COM, Slawi – Vaksinasi pelajar terus diintensifkan di semua daerah. Namun, di Kabupaten Tegal, sejumlah orang tua malah melarang anaknya mengikuti vaksinasi. Kasus ini terjadi saat dilaksanakan vaksinasi di MTsn 2 Slawi bersama Polres Tegal, Selasa pagi, 14 September 2021.

Saat dikonfirmasi, Wakil Kepala Humas MTsN2 Slawi, Sekhudin, membenarkan adanya sejumlah orang tua siswa yang melarang anaknya divaksin karena takut terjadi hal-hal yang tidak dinginkan pada si anak. Padahal menurut Sekhudin, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan edukasi kepad siswa maupun para orang tua siswa.

” Sebelum vaksinasi digelar, kami sudah mensosialisasikan kepada orang tua siswa. Namun sebagian dari mereka tetap tidak mengizinkan anaknya ikut vaksinasi,” katanya.

Terkait beberapa orang tua siswa yang tidak mengizinkan anaknya ikut vaksinasi, lanjut Sekhudin, pihak sekolah pun tidak mempermasalahkan. Karena, semua siswa mulai dari kelar VII hingga IX yang ikut vaksinasi atas persetujuan orang tua siswa.

“Jadi kami tidak memaksakan siswa untuk vaksinasi di sekolah. Ada beberapa siswa yang sudah vaksin di tempat lain bersama orang tuanya dan juga ada yang tidak ikut vaksin karena orang tua tidak mengizinkan,” ujarnya

Sekhudin mengatakan, dari jumlah seluruh siswa di MTsN 2 Tegal sebanyak 1.276 siswa, yang mengikuti kegiatan vaksinasi massal tercatat sebanyak 1.074 siswa. Mereka yang tidak tercatat karena sebagian sudah vaksin mandiri, tidak ada izin dari orang tua, serta ada yang sakit atau mengkonsumsi obat tertentu, dan usia belum genap 12 tahun.

“Jadi kegiatan vaksinasi COVID -19 ini bersifat fleksibel atau tidak ada paksaan sama sekali,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi massal hari ini terselenggara atas kerjasama dengan Polsek Slawi dengan jenis vaksin Sinovac dosis pertama. Selanjutnya, pihak sekolah akan berkoordinasi dengan Polres Tegal untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.

“Kita belum tahu kapan vaksinasi tahap dua. Nanti kita akan koordinasi lagi,” jelasnya.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini