Serbuan Vaksin TNI AL Koarmada II di Kabupaten Tegal Diserbu Ribuan Orang

0
Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Trisanja bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Tegal, Umi Azizah. FOTO/PUSKAPIK/SAKTI RAMADHAN

PUSKAPIK.COM, Slawi – Guna mendukung program pemerintah untuk percepatan tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) seluruh lapisan masyarakat Indonesia, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II Surabaya menggelar serbuan vaksin bagi masyarakat maritim yang berada di wilayah Kabupaten Tegal, Rabu siang, 25 Agustus 2021. Serbuan vaksin digelar di empat lokasi yakni Stadion Trisanja Slawi, SORGA Kalibakung, Pantai Purwahamba Indah dan Pondok Pesantren Darussalam Kalibakung.

“Serbuan vaksin ini untuk mendukung percepatan herd immunity nasional dan Kabupaten Tegal,” kata Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Trisanja bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Tegal, Umi Azizah.

Serbuan vaksin digelar selama dua hari Rabu-Kamis, 25-26 Agustus 2021. Sejak dimulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB kegiatan ini benar-benar diserbu ribuan warga dari berbagai tempat di Kabupaten Tegal yang ingin medapatkan vaksinasi Covid-19. Koarmada II menargetkan 30.000 jiwa dapat tervaksinasi, dengan prioritas masyarakat usia 18 tahun ke atas yang belum tervaksin dosis pertama.

“Ini adalah perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Kami sudah menyiapkan kurang lebih 30.000 dosis vaksin, dan kami mengarapkan selama dua hari ini diselesaikan, dihabiskan,” ujar Laksda Iwan.

Ia menambahkan, TNI AL dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19, selain menggelar serbuan vaksin kepada masyarakat maritim, juga telah berupaya menyediakan ruang perawatan tambahan, baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Pokso Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah melalui donor darah konvalesen dan regular.

“Tidak hanya serbuan vaksin, TNI AL juga telah berupaya menyediakan ruang perawatan tambahan, dukungan stok oksigen serta sumbangan donor darah konvalesen dan regular. Semuanya guna membantu pemerintah menanggulangi Covis-19,” kata Pangkoarmada II.

Koarmada II Selama ini telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap 1 maupun tahap 2 di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir dan perkotaan seperti Pulau Sapeken, Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, Surabaya dan Malang.

“Selain itu, Koarmada II juga berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan, pabrik dan media,” kata Laksda Iwan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam keterangannya kepada awak media, mengatakan, masyarakat Jateng, khususnya Kabupaten Tegal mendapatkan berkah karena mendapat bantuan serbuan vaksin dari TNI AL. Ganjar menegaskan, semakin banyak masyarakat yang sudah divaksin, maka kegiatan masyarakat akan terbuka kembali, tapi tetap dengan penerapan protokol kesehatan 5 M.

“Pak Presiden sudah menyampaikan target kita nanti Desember 2021. Kalau Desember itu kita genjot bisa 70 syukur bisa 80%, masyarakat Indonesia divaksin, insyaAllah kegiatan kita mulai terbuka kembali,” kata Ganjar.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini