Warga Brebes Berkerumun Antre Vaksin

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Karena stok vaksin Covid-19 dibatasi, warga Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, berebut hingga menimbulkan kerumunan, Jumat 20 Agustus 2021.

Tingginya antusias warga mendapat suntikan vaksin corona bisa dilihat dari banyaknya warga yang datang. Mereka berkumpul di Puskesmas Ketanggungan hingga berdesakan tanpa menjaga jarak.

Vaksinasi hari ini diperuntukan bagi warga yang akan mendapat suntikan dosis pertama. Pelayanan yang seharusnya dibuka mulai pukul 08.00 WIB, namun sudah diserbu warga sebelum kantor dibuka.

Warga berdesakan di depan pintu gerbang dan merangsek masuk demi mendapatkan formulir pendaftaran. Mereka mengabaikan protokol kesehatan tanpa menjaga jarak demi mendapat jatah vaksin. Vaksin kali ini, pihak puskesmas membatasi kuota vaksinasi hanya 100 orang.

Sementara bagi warga yang tidak mendapatkan kuota, langsung diminta pulang oleh petugas puskesmas.

Salah seorang warga Suyana (56) mengaku kecewa karena dirinya tidak mendapatkan vaksin hari ini. Dirinya hanya diberi formulir diminta datang kembali esok hari berikutnya.

“Baru akan mengikuti vaksinasi dosis pertama tapi diminta pulang karena kuota sudah habis. Tadi ikut antre berdesakan, cuma diberi formulir buat besok pagi,” katanya.

Warga lainnya, Rizky (34) menyebut, warga saling berebut vaksin karena tidak menggunakan sistem antrian. Sehingga mereka harus saling cepat mendapatkan formulir.

“Dibuka pukul 08.00 namun sebelum dibuka sudah penuh dan berdesakan. Jika pengin teratur dan tidak berdesakan, bisa menggunakan nonor antrean,” tuturnya.

Dikonfirnasi via telepon, dr Susani Ali, Kepala Puskesmas Ketanggungan, mengatakan, pembatasan kuota vaksin 100 orang hanya untuk hari Jumat. Di hari kerja lainnya, kata Susani Ali, kuota vaksin akan lebih banyak karena jam kerjanya lebih lama.

“Mereka berdesakan karena jatahnya 100 orang untuk hari Jumat. Sehenarnya tidak perlu berdesakan, karena akan ada jadwal vaksin dosis pertama di lain hari,” terangnya.

Menurutnya, warga yang berdesakan berada di pintu luar puskesmas. Mereka sangat antusias untuk divaksin karena mengira vaksin dosis pertama hanya digelar hari ini.

“Biasanya tidak seperti ini antreannya, tapi karena masyarakat antusias untuk vaksin jadi begini. Warga yang berdesakan itu berada di pintu luar,” pungkas Susani Ali.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini