Begini Aksi Sosial Guru-Siswa SMPN 1 Brebes, Bantu Warga yang Belum Dapat Bansos

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes –Banyak cara berkontribusi untuk kemanusiaan. Seperti yang dilakukan para guru, karyawan dan siswa SMP Negeri 1 Brebes. Mereka membagikan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak PPKM Darurat. Bantuan ini merupakan hasil patungan para guru, karyawan dan siswa.

Bantuan yang diberikan berupa beras, kecap, mi instan, minyak dan ikan kemasan. Sasarannya adalah warga terdampak PPKM yang belum mendapat bantuan sosial.

Bantuan ini dibagikan di depan pintu gerbang sekolah. Sebagian penerima adalah kalangan tukang becak, atau ibu ibu rumah tangga.

Sebagian besar penerima bantuan mengaku selama PPKM belum pernah mendapatkan bantuan apapaun. Daryono (42) warga Kelurahan Gandasuli, salah satu penarik becak mengatakan, sejak PPKM berlangsung baru mendapat dari satu kali, yakni hari ini dari SMP Negeri 1.

“Terima kasih, ini baru pertama dapat sembako selama PPKM. Sebelumnya sama sekali tidak pernah dapat apa apa,” aku Daryono, Sabtu 31 Juli 2021.

Hal serupa diakui oleh Suirah (47) salah seorang ibu rumah tangga. Selama PPKM penghasilan suami sebagai tukang becak sangat minim. Dalam sehari rata rata membawa uang hasil mengayuh becak antara Rp.10 ribu – 20 ribu.

Penghasilan suami Suirah ini turun selama PPKM diberlakukan. Sementara, bantuan sosial belum pernah diterima.

“Sekarang paling banyak dapat Rp.20 ribu, tapi seringnya dapat Rp.10 ribu per hari. Katanya jarang dapat penumpang selama PPKM. Selama ada PPKM katanya ada bantuan, tapi keluarga saya tidak pernah menerima,” ujar Suirah.

Bantuan yang disalurkan ini nilai totalnya Rp.8 juta. Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Dharma Suhaeri, mengatakan, uang tersebut merupakan hasil patungan para guru, karyawan dan siswa. Mereka secara sukarela menyisihkan uangnya untuk membantu warga yang terdampak PPKM.

“Kami merasa perlu membantu mereka yang terdampak PPKM. Jadi kami berinisiatif patungan secara sukarela baik guru, karyawan, dan siswa,” ungkap Dharma Suhaeri.

Kepala SMP Negeri 1 Brebes menambahkan, bhakti sosial ini sekaligus ungkapan rasa sukur atas terlaksanakannya PPDB tahun 2021.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini