Pemkab Pemalang Raih Penghargaan Indeks Kelola 2019

0
foto : dokumen
foto : dokumen

 

JAKARTA (PuskAPIK) – Pemkab Pemalang mendapat penghargaan Indeks Kelola 2019 untuk kategori Ketepatan Alokasi Pendidikan dari Katadata Insight Center (KIC).

Penganugerahan tersebut dilaksanakan di Ballroom Jakarta Theater XXI Jakarta, Kamis malam ( 28/11). Bupati Pemalang Junaedi berkesempatan hadir dan menerima langsung tersebut.

Indeks Kelola merupakan sebuah metode mengukur kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD untuk pembangunan daerah. Hal tersebut merupakan hasil kerja sama KIC dengan panel ahli ekonomi independen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM.

Junaedi menuturkan, penghargaan Indeks Kelola 2019 merupakan pengakuan terhadap upaya Pemkab Pemalang dalam melakukan keberpihakan pada pendidikan. Bisa dilihat alokasi anggaran untuk bidang pendidikan yang melebihi dari amanat undang-undang.

“Undang-undang tentang sistem pendidikan nasional kan 20%. (mengamanatkan alokasi anggaran pendidikan) 20%. Kita lebih dari 20%, sudah hampir mencapai 30%,” kata Junaedi usai menerima penghargaan.

Bupati berharap penganggaran yang cukup besar di bidang pendidikan tidak hanya membuahkan penghargaan, tapi juga bisa dirasakan oleh masyarakat. Jika pendidikan masyarakat meningkat, maka kualitas sumber daya manusia (SDM) semakin baik, sehingga bisa memajukan daerah.

Chief Content Officer Katadata, Heri Susanto mengatakan, penghargaan Indeks Kelola 2019 diberikan kepada 64 kabupaten/kota di Indonesia. Mereka adalah yang berhasil dan efektif dalam mengelola anggaran daerah sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta berdampak signifikan untuk perbaikan di bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan kesejahteraan.

“Daerah-daerah tersebut memang melakukan banyak inovasi dan layak mendapatkan apresiasi,” kata Heri Susanto.

Dia berharap, melalui Indeks Kelola tersebut diharapkan lahir pemimpin -pemimpin daerah yang berprestasi dari seluruh pelosok nusantara dan maju bersaing ke pentas nasional.(red)