Amankan Lebaran dan Cegat Mudik di Pemalang, Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan

Apel gelar pasukan operasi ketupat candi 2021, pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hidjriah, di di Pendopo Kabupaten Pemalang, pagi tadi, Rabu 5 Mei 2021.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan personil gabungan siap mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Pemalang. Sejumlah pos dibangun, pencegatan mudik bakal dilakukan, hingga mengerahkan Tim Puma Polres Pemalang.

Apel gelar pasukan operasi ketupat candi pengamanan Idul Fitri 1442 H, dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pemalang, pagi tadi, Rabu 5 Mei 2021.

Total ada sekitar 730 personil yang terdiri dari unsur TNI-Polri,Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, Pramuka, Orari, Rapi, serta Linmas.

“Kita sudah membangun posko-posko di beberapa titik, untuk melakukan pencegatan, memutarbalikkan dan juga untuk pengecekan, termasuk isolasi,” kata Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo.

Selama waktu pelarangan mudik tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 itu, pelanggar bakal diberi teguran hingga sanksi.

“Tetapi kalau memang ada tugas kan bukan berarti mudik. Dan akan memberlakukan isolasi bagi yang terdapat positif Covid-19,” tambah Agung.

Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, dalam pengamanan Lebaran ini akan dibangun satu pos terpadu di Exit Tol Gandulan. Pos pelayanan terpadu juga dibangun di Randudongkal.

“Ada tiga pos pam kita lakukan, pos pam itu sendiri akan dilaksanakan di semua pintu masuk dari arah barat menuju ke Pemalang, sifatnya yaitu imbangan pengetatan protokol kesehatan,” jelas Kapolres.

Pengetatan bakal dilakukan, termasuk penindakan terhadap travel-travel gelap.

“Tetap, sudah kita lakukan dan kami juga melakukan penindakan, sudah mulai tanggal 22. Kita melaksanakan penilangan, para penumpang juga kita lakukan rapid swab antigen,” tutur Kapolres.

Guna menjaga kondusifitas, Tim Puma Polres Pemalang juga akan dikerahkan selama operasi ketupat candi ini.

“Tim puma, mereka melaksanakan patroli di jam-jam rawan, tempat-tempat yang strategis, dalam hal ini untuk mencegah adanya tindak pidana saat menjelang, maupun pasca pelaksanaan Lebaran,” pungkas Kapolres.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan