Air Meluap, Jembatan Pemali Brebes Ditutup Sementara

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Brebes – Karena permukaan air sungai meluap hingga menyentuh garis merah, jembatan Sungai Pemali di Jalur Pantura Kota Brebes, Senin 12 April 2021, siang kembali ditutup.

Jembatan Pemali ini ditutup sejak pukul 09.00 WIB. Dari dua jembatan, hanya yang berada di sisi utara yang terpaksa ditutup sementara. Sedangkan jembatan sisi selatan tetap difungsikan.

Penutupan ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih. Kendaraan ringan dan roda dua tetap bisa melintas.

Penutupan ini menyusul naiknya permukaan sungai Pemali sejak pagi hari. Permukaan sungai terbesar di Kota Bawang ini berada di posisi level merah atau awas.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Brebes, Ipda Rizky Renandi Putra mengatakan, jembatan Sungai Pemali sisi utara ditutup, dengan pertimbangan permukaan air menyentuh gelagar jembatan. Sehingga, jika tetap dilalui kendaraan berat akan menambah beban jembatan.

“Jembatan sisi utara ini, kami tutup sementara. Pertimbangannya karena permukaan air sudah level merah. Dengan penutupan ini, beban jembatan akan berkurang,” ujar Ipda Rizky kepada wartawan usai meninjau kondisi jembatan Pemali, Senin 12 April 2021 siang.

Penutupan jembatan Sungai Pemali itu merupakan kali ketiga selama musim hujan tahun ini. Selama jembatan sisi utara ditutup, petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem kontaflow. Arus kendaraan roda empat dari arah Jakarta menuju Tegal atau sebaliknya, dialihkan ke Jembatan Sungai Pemali sisi selatan. Sementara untuk kendaraan berat semua dialihkan melalui tol.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!