Kapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang Terpilih? Ini Penjelasan Pemprov Jateng!

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah hingga saat ini belum memutuskan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020, apakah akan digelar sesuai jadwal atau ditunda pelaksanaannya. Padahal, ada 17 Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang berakhir masa jabatannya pada tanggal 17 Februari 2021, termasuk di Kabupaten Pemalang.

“Sampai saat ini kami (Pemprov Jateng) belum menjadwalkan. Karena masih menunggu kepastian dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),” ungkap Kepala Biro Pemerintahan, Otonomi Daerah dan Kerjasama Provinsi Jawa Tengah, Muhamad Masrofi, S.Sos MSi, saat dikonfimasi puskapik.com melalui ponselnya, Selasa pagi, 09 Februari 2021.

Meski belum memastikan jadwal, Pemprov kata Masrofi, sedang menyusun rencana pelantikan bupati/walikota sesuai jadwal awal yakni pada 17 Februari 2021. “Kita masih terus berkoordinasi dengan Kemendagri. Tetap diupayakan on schedule,” tandasnya.

Dijelaskan, Mendagri sudah mengeluarkan surat tertanggal 3 Februari 2021 Nomor 120/5402/Otonomi Daerah, soal kemungkinan adanya pengunduran pelantikan. Dimana intinya, Gubernur diminta untuk menunjuk Sekda Kabupaten/Kota sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Daerah, agar tidak terjadi kekosongan pimpinan pemerintahan daerah Kabupaten/Kota.

“Kalau diundur (pelantikan), maka Sekda akan ditunjuk sebagai Plh agar tidak terjadi kekosongan jabatan,” imbuh Masrofi.

Sementara sesuai dengan surat Menteri dalam Negeri (Mendagri) nomor 212/5401/otonomi daerah, tertanggal 26 Januari 2021, pelantikan Kepala Daerah hasil pemilihan 2020, akan dilaksanakan serentak se-Indonesia. Karena akan dibarengkan, maka masih menunggu daerah lain yang sengketa di MK. Total ada 132 permohonan gugatan hasil sengketa pilkada di MK. Berdasarkan surat Mendagri, pembacaan putusan gugatan sengketa pemilihan di MK baru akan dilakukan 19-24 Maret 2021.

Di Kabupaten Pemalang, masa akhir jabatan Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM akan berakhir pada 17 Februari 2021. Sementara berdasarkan hasil Pilkada yang digelar 09 Desember 2020 lalu, pasangan Mukti Agung Wibowo-Mansyur Hidayat telah dinyatakan terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pemalang. Pasangan Agung-Mansyur yang diusung koalisi Gerindra-PPP, mengalahkan dua rivalnya yakni Agus Sukoco-Eko Priyono dan Iskandar Alisyahbana-Ahmad Agus Wardana.

Penulis: Heru Kundhimiarso

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!