KOTAKU Jadikan Desa Purwosari Bebas Kumuh

0

COMAL (PuskAPIK) – Desa Purwosari kecamatan Comal kabupaten Pemalang tampaknya benar-benar memaksimalkan pembangunan wilayahnya, baik yang bersumber dari ADD, DD maupun dari sumber dana yang lain.

Salah satu dari program pembangunan yang diperoleh desa Purwosari adalah program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), yang pada tahun 2018 ini sudah memasuki tahun ke-2. Bersama 13 desa/kelurahan yang lain, desa Purwosari mendapat program KOTAKU pada tahun 2017 dengan dana sebesar Rp. 500 juta dalam 3 tahapan pencairan.

Adapun pembangunan yang dikerjakan dalam program KOTAKU diantaranya pekerjaan talud kali banger, jalan lingkungan rabat beton dan drainase md 40 dan U 30.

Kepala desa Purwosari Fala Sukmawan, saat ditemui puskapik.com (Selasa, 31/07) menyampaikan bahwa desanya saat ini memang sudah melaksanakan pembangunan melalui program kotaku tahun 2017 yang akan dilanjutkan pada tahun 2018. Ditambahkan Wawan, panggilan akrabnya bahwa program tersebut akan dilaksanakan sekitar bulan agustus dengan dana sebesar Rp. 500 juta secara bertahap.

“Melanjutkan Pembangunan drainase dan penutup saluran di lingkungan desa sepanjang 779 meter, pembuatan grobak sampah sebanyak 4 unit serta pembangunan jalan beton sepanjang 206 meter,” kata Wawan.

Dijelaskan juga bahwa desa Purwosari dalam menata lingkungan dengan luasan kumuh sekitar 6.15 hektar yang berada di empat RT, sudah tertangani seluas 1.26 ha. Pada tahun 2018 akan ditangani seluas 1.28 ha.

Kades Fala Sukmawan berharap pada tahun 2019 desanya sudah terbebas dari kumuh, sehingga perekonomian, kesehatan masyarakat dan kesejahteraan bisa meningkat.

“Bisa dilihat sekarang tidak ada lagi masyarakat Purwosari yang buang air besar di sungai,” jelasnya bangga. (hape)