Antisipasi Corona, Dinkes Kota Tegal Sosialisasi Pencegahan Virus

Advertisement

TEGAL (PUSKAPIK) – Heboh Virus Corona yang kini sudah menjadi pandemik ke sejumlah negara, mendorong Dinas Kesehatan Kota Tegal gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait bahaya penularan dan pencegahannya, Jumat siang (31/02/2020).

Sosialisasi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki pengetahuan yang telat tentang virus mematikan tersebut. Harapannya secara sadar masyarakat akan melakukan pencegahan terhadap diri sendiri maupun lingkungannya.

Kelompok Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu sasaran sosialisasi. Petugas Dinas Kesehatan secara detil menjelaskan tentang seluk- beluk Virus Corona kepada para orang tua siswa PAUD Sakila Kerti di Terminal Kota Tegal. Mulai soal gejala penderita, cara penularan sampai pencegahannya.

Menurut petugas dinas kesehatan, penderita Virus Corona memiliki gejala hampir sama dengan penderita flu. Hanya saja, orang yang terinveksi Virus Corona bisanya disertai batuk dan sesak nafas. Sedangkan penularannya bisa terjadi dengan kontak langsung dengan penderita, melalui udara, batuk, bersin serta air liur.

Eka, salah satu orang tua siswa, mengakui pengetahuannya soal Virus Corona sangat kurang. Infoemasi terkait Virus Corona hanya dari berita di Televisi. “Senang ada acara Sosialisasi. Tadinya cuma tahu dari televisi. Tapi enggak ngerti lebih jauh apa itu Virus Corona,” kata Eka.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Prima Indraswati, menjelaskan, meski saat ini belum ada laporan penderita Virus Corona di Kota Tegal, namun sosialisasi perlu dilakukan secara intens agar masyarakat memahami apa itu Virus Corona dan bagaimana cara pencegahannya.

“Untuk mencegah terinfeksi Virus Corona, masyakarat diiimbau menjaga pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang sehat, rajin berolahraga, memasak masakan dengan benar, dan memakai masker saat keluar rumah” ujar Prima.

Selain gencar melakukan sosialisasi dinas kesehatan juga aka memantau kesehatan warga yang pulang dari China atau negara lain yang sudah terjangkit Virus Corona.(WIJ)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!