BPS Pemalang Rilis Sensus Pertanian 2023 Tahap I, Begini Hasilnya

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pemalang merilis hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap I yang mereka lakukan selama bulan Juni-Juli lalu.

Hasil sensus pertanian 2023 ini disampaikan BPS Pemalang kepada publik melalui acara talkshow dan diseminasi yang digelar di Hotel R-Gina, Petarukan, Pemalang, Selasa 12 Desember 2023.

Talkshow dan diseminasi bertema ”Tantangan, Kebijakan, dan Strategi dalam Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan untuk Pemalang Hebat” itu dibuka oleh Sekda Pemalang, Heryanto.

Kepala BPS Kabupaten Pemalang, Moh. Fatichuddin, menyampaikan, sensus pertanian 2023 ini menjadi sensus ke tujuh yang dilakukan Indonesia, dimana sensus tersebut mencakup tujuh subsektor.

Ketujuh subsektor sensus pertanian tersebut diantaranya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, dan jasa pertanian.

Dikatakan Fatichudin, pertanian adalah sektor unggulan di Pemalang dengan kontribusi sebesar 26 persen serta serapan tenaga kerja 24 persen dari jumlah penduduk yang bekerja disini.

Fatichudin menyebut, jumlah usaha pertanian di Kabupaten Pemalang tercatat sebanyak 118.344 unit.

Total 118. 344 usaha pertanian tersebut terdiri dari 118.325 unit Usaha Pertanian Perorangan (UTP), 9 unit Perusahaan Pertanian Berbadan Hukum (UPB), dan 10 unit Usaha Pertanian Lainnya (UTL).

“Usaha pertanian Kabupaten Pemalang didominasi oleh UTP yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pemalang.” tegas Fatichudin.

Fatichudin pun memaparkan proses sensus pertanian ini, dimana BPS Kabupaten Pemalang betul-betul memastikan validitas data yang mereka dapatkan di lapangan.

“Kami yakin pelaksanaan sensus pertanian ini valid, sehingga kami yakin data sensus pertanian ini layak sebagai dasar kebijakan.” terangnya.

Sementara itu, Sekda Pemalang, Heryanto, yang hadir mewakili Bupati, menyampaikan, data sensus di bidang pertanian ini sangat penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Adanya data yang akurat, maka kebijakan yang diambil menjadi kebijakan yang tepat, efektif dan efisien, sehingga dampaknya signifikan memajukan sektor pertanian dan kesejahteraan warga” ujarnya.

Harapannya, ke depan data sensus pertanian ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para stakeholder, utamanya terkait potensi-potensi pertanian yang dimiliki Kabupaten Pemalang.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hasil Sensus Pertanian 2023 oleh kepala BPS pemalang kepada pemerintah kabupaten pemalang, yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekda Pemalang.

Kemudian acara dilanjutkan talkshow yang dimoderatori oleh sekretaris Bappeda, Gunawan Wibisono dengan narasumber yang kompeten di bidangnya yakni Plt. Kepala Dinas Pertanian, Akhmad Helmi, S.Pt., M.E. dan Dosen Universitas Pancasakti Tegal, Dr. Ir. Sutaman, M.Si.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!