Wow! Bocah Kelas 1 SD asal Pemalang Borong Medali Olimpiade Matematika Internasional

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pelajar Sekolah Dasar (SD) asal Kabupaten Pemalang, Kennard Rezqiano Kusuma, berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia usai memboyong tiga medali Hong Kong International Mathematical Olympiad 2023.

Event Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2023 itu berlangsung pada tanggal 26 – 27 Agustus 2023 lalu, tepatnya di Hong Kong Science and Technology Park atau HKSTP, Tseung Kwan O, Hong Kong.

Adapun penghargaan yang diraih oleh Kennard adalah Gold Award yakni medali dengan memenuhi standard nilai Gold medali Olympiad 2nd runner up dengan nilai tertinggi ke 3 dari seluruh peserta Internasional kategori Kindergarten.

Kemudian medali ketiga siswa SD kelas 1 Global Inbyra School, Tegal, itu adalah World Star yakni peserta dengan Nilai Tertinggi dari seluruh 1146 peserta asal Indonesia dari TK hingga SMA.

Dalam kompetisi tersebut, sebelumnya para peserta terlebih dahulu mengikuti babak penyisihan nasional (HKIMO Heat Round) yang diselenggarakan di masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Setelah mengikuti HKIMO Heat Round, peserta yang memperoleh Gold Medal, Silver Medal atau Bronze medal berhak untuk melaju ke Babak Final (HKIMO Final Round) yang bertempat di Hong Kong.

Pada seleksi Heat Round, Kennard yang merupakan putra pertama dari pasangan Huseinda Kusuma, S.H., M.H., dan dr. Ika Benny Kartika Sari, Sp. OT warga Desa Taman itu mendapat Silver Medal sehingga berhasil lolos ke Hong Kong International Mathematical Olympiade.

Sebagai informasi, penyelenggara event Hong Kong International Mathematical Olympiad, HKIMO adalah Hong Kong Olympiad Champion Education Centre. Dengan  Event lombanya adalah HKIMO (Hong Kong International Math Olympiad).

HKIMO sendiri merupakan Olimpiade Matematika Internasional Hongkong yang dikembangkan oleh mantan Ketua Tim Olimpiade Matematika Hongkong, Wong Tin Chun.

Tujuan pengembangan HKIMO adalah untuk mempromosikan Olimpiade Matematika ke seluruh dunia. Adapun materi yang dilombakan terdiri dari lima topik utama, yakni Berpikir Logis, Aritmatika/Aljabar, Teori Bilangan, Geometri & Kombinatorik.

Olimpiade HKIMO ini diikuti oleh ribuan siswa dari 18 negara, dari Kazakhztan, Ukraina, Vietnam, Myanmar, Iran, Thailand, Indonesia, Bulgaria, China, Singapore, Hong Kong SAR, Kyrgystan, India, Laos, Sri Lanka, Uzbekistan dan Azerbaijan.(hk/thd)

Kompetisi matematika ini diikuti sebanyak 12.500 peserta dari berbagai negara. Sementara jumlah peserta dari Indonesia sendiri sebanyak 1.146 dan satu diantaranya Kennard Rezqiano Kusuma.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top