KomunitasPolitikSemarangSeputar JatengSeputar Pantura

Lantik Pengurus BERANI Jateng, Begini Pesan Gus Yusuf

PUSKAPIK.COM, Semarang – Sejumlah pemuka agama dan pemuda lintas iman mendeklarasikan Badan Persaudaraan Antariman (BERANI) Jawa Tengah. Organisasi Badan Otonom ini merupakan sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Deklarasi yang dilantik oleh Ketua DPW PKB, Kiai Haji M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) di Gedung Djuang 45, Kita Semarang ini mengirimkan pesan tentang keberagaman yang harus dibina pada Provinsi Jawa Tengah.

“Selamat kepada mas Yosep dan kawan-kawan yang telah dilantik dan dikukuhkan, kita sekarang untuk betul-betul menjadi perekat kebhinekaan menjadi penjaga keberagaman di provinsi Jawa Tengah,” Ujar Gus Yusuf di Gedung Djuang 45, Semarang, Minggu 9 Juli 2023.

Gus Yusuf mengatakan ada cita-cita KH Abdurahman Wahid yang belum meneruskan terutama terjalinnya silaturahmi antar umat beragama. Maka, kepada BERANI Jateng ia menitipkan agar hubungan tersebut tetap terjalin dalam memenangkan PKB di Pemilu 2024.

“Siapa yang ingin menjaga toleransi siapa yang ingin meneruskan cita-cita besar dari Gus Dur mari 2024 bergabung untuk memenangkan PKB Jawa Tengah.” terangnya.

Gus Yusuf juga mengajak generasi milenial baik yang muslim Nasrani Katolik tokoh-tokoh agama memiliki kewajiban moral untuk memberikan penyadaran penyadaran politik. “Apapun negara ini dibangun di atas konsensus politik,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Steering Comitte dan juga Ketua DPP Bidang OKK, Cl. Tindra Matutino Kinasih, mengatakan, Jawa Tengah merupakan kekuatan terpenting bagi merangkul masyarakat yang heterogen. BERANI Jateng menjadi garda terdepan mengawal merajut kebhinekaan

“Kami di Jateng sebagai pusat wilayah toleransi yang berjalan cukup lama di Nusantara ini. Basis masyarakat abangan dan non Muslim cukup besar sehingga peran BERANI menjadi penting dikembangkan,” terangnya.

Tindra kemudian berharap kepada pengurus BERANI Jateng agar dapat sinergis bersama Banom PKB yang lain untuk merapatkan barisan dalam memenangkan PKB di Jawa Tengah.

“Segera untuk merapikan barisan dan berkordinasi dengan Banom PKB lainnya seperti Garda Bangsa, Garda BMI, Gemasaba, dan Perempuan Bangsa untuk menangkan PKB,” tuturnya.

Saat pelantikan, Pengurus DPW BERANI Jateng dilantik oleh Ketua Umum DPP BERANI, Pdt. Lorens Manuputty juga mengingatkan agar DPW BERANI Jateng terus menjaga irama organisasi kedepannya.

“Saya terimakasih kepada PKB dalam memfasilitasi kegiatan ini. BERANI Jateng juga telah memiliki Calon Legislatif yang juga harus dibantu agar dapat membantu organisasi,” tegasnya.

Lorens mengingatkan bahwa kehadiran BERANI sebagai membela kebenaran, BERANI hadir juga sebagai garda terdepan dalam merajut kebhinekaan.

“Pesan saya agar BERANI Jateng terus mengepakkan sayap organisasi hingga tingkat Kabupaten dan kota,” tutupnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Admin Puskapik

Pemimpin Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *