Tangani Kekeringan di Pulosari, PMI Pemalang Suplai Puluhan Ribu Liter Air Bersih

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kekeringan menjadi bencana tahunan yang menimpa wilayah punggung Kabupaten Pemalang. Merespons kondisi itu, tahun ini Palang Merah Indonesia (PMI) mentargetkan suplai 70 ribu liter air bersih untuk warga.

Puluhan ribu air bersih dikirim PMI Pemalang dengan tangki air ke wilayah terdampak kekeringan sejak tanggal 27 Juni 2023. Penanganan bencana kekeringan ini rencananya bakal berlangsung hingga 12 Juli 2023 besok.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Akhmad Patah, mengungkapkan, respon penanganan bencana kekeringan ini didasari permohonan dari Camat Pulosari dan BPBD Pemalang perihal bantuan air bersih untuk wilayah punggung.

“Kami pun memobilisasi satu unit tangki air dan sejumlah personil relawan,” ungkap Akhmad Patah, Selasa 11 Juli 2023.

Dituturkan Patah, sasaran penanganan bencana kekeringan tersebut yaitu 7 desa di Kecamatan Pulosari meliputi Desa Pagenteran, Clekatakan, Siremeng, Batursari, Pulosari, Penakir, dan Cikendung.

“Targetnya 70 ribu liter air bersih kita dropping kesana.” jelas Akhmad Patah.

Dalam pengiriman air bersih ini, petugas yang dilibatkan yaitu relawan PMI Kabupaten Pemalang sejumlah 15 orang. Setiap harinya ada 2 hingga 4 petugas yang diterjunkan dan bergiliran tugas selama 15 hari.

Sebelumnya, saat simbolis pengiriman air bersih Akhmad Patah mengungkapkan bahwa tugas PMI tidak hanya terkait donor darah, tetapi juga dalam bidang kebencanaan, pendidikan generasi muda palang merah remaja (PMR) Relawan.

“Seperti saat ini, program PMI Kabupaten Pemalang melaksanakan droping air bersih di wilayah bencana kekeringan,” terangnya.

Akhmad Patah menegaskan, pengiriman air bersih ke daerah terdampak kekeringan di wilayah punggung Kabupaten Pemalang merupakan program tahunan PMI. Dalam kesempatan itu, PMI juga menyerahkan 14 paket Baby Kit untuk warga.

Kepala Desa Pagenteran, Wanto, menyampaikan, bahwa warga desa pagenteran membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-harinya. Ia pun mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan air bersih dari PMI Kabupaten Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!