Jelang Tahun Politik 2024, Ada 4 Partai Baru di Pemalang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Menjelang tahun politik 2024, sejumlah partai politik (Parpol) baru muncul di Kabupaten Pemalang. Saat ini total ada 20 parpol yang tercatat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Itu diungkapkan Ario Ardhie Hargono, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) dan Ormas Bakesbangpol Kabupaten Pemalang kepada Puskapik.com, Selasa 2 Agustus 2022.

“Partai baru ada 4 yaitu Partai Ummat, Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Buruh.” jelas Ario Ardhie Hargono.

Adanya 4 parpol baru tersebut, kata Ario, maka saat ini total ada 20 parpol yang tercatat di Bakesbangpol Pemalang. “Jadi 4 parpol baru dan 16 parpol lama yang termasuk partai besar.” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Harun Gunawan, Komisioner KPU Pemalang Divisi Teknis dan Penyelenggaraan. Menurutnya, sejauh ini baru ada 4 partai baru yang berkonsultasi dengan KPU.

“Sama, baru ada 4 partai yang berkonsultasi ke kami. Partai Ummat, Partai Buruh, Partai Gelora, dan PKN.” jelasnya.

Harun menyebutkan, KPU RI sendiri membuka akses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) untuk 47 partai yang sudah terdaftar. Jumlah tersebut meliputi parpol nasional dan parpol lokal.

“Ada 39 parpol nasional dan 8 parpol lokal Aceh yang melakukan pendaftaran dan memiliki akun Sipol.” ungkapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!