Bantu Warga Tak Mampu, Begini Langkah BAZNAS Pemalang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pemalang terus memberikan bantuan kepada warga tak mampu yang kondisi rumahnya tak layak huni.

Mereka yang terkena musibah seperti kebakaran rumah, ataupun yang hidup dengan kondisi ekonomi memprihatinkan juga mendapat perhatian.

Seperti halnya Wahadi (40), warga Desa Pedagung, Kecamatan Bantarbolang, yang rumahnya ludes dilalap si jago merah.

Kemudian Nenek Mur Wuri (62) dan Danusri (63), di pesisir pantai Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, yang tiap malam rumahnya terendam rob.

Ada juga Sriyanti (44) janda beranak 16, di Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, yang hidup dengan kondisi ekonomi pas-pasan.

Beberapa hari lalu, BAZNAS menyerahkan bantuan kepada Rumjanah (50), warga Kelurahan Wanarejan Selatan, Kecamatan Taman, dan Nenek Kartimah, di Kelurahan Paduraksa Pemalang, yang rumahnya roboh.

Penyerahan bantuan itu dilakukan Bupati-Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo-Mansur Hidayat, didampingi Kepala BAZNAS Pemalang, Agus Nurkholis.

“Kalau rumah (keluarga) yang sudah kita bantu, sudah lebih dari 200 rumah sejak tahun 2018, masing-masing mendapatkan bantuan Rp 10 juta,” kata Agus Nurkholis, saat menyerahkan bantuan di Kelurahan Kebondalem, Jumat 4 Juni 2021.

Dalam penyaluran bantuan ini, kata Agus, BAZNAS tidak memiliki target. Namun, yang jelas bantuan itu menyasar warga dengan kondisi yang darurat.

“Mendapatkan bantuan dari Disperkim atau instansi lain mungkin terlalu lama, maka kita adalah solusi yang paling cepat mengatasi hal itu,” terang Agus.

Selama ini, kata Agus, zakat yang terkumpul di Kabupaten Pemalang masih pada angka Rp 8,5 miliar per-tahun.

Diharapkan, kedepan ada peningkatan dari jumlah itu. Karena sejatinya, potensi zakat di Pemalang mencapai Rp 15 sampai 20 miliar.

“Harapannya dengan kepemimpinan Pak Agung-Mansur bisa mengoptimalisasi zakat yang ada, agar bisa terealisasi,” ungkap Agus.

Diberitakan sebelumnya, Jumat 4 Juni 2021, Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, terus menyalurkan bantuan kepada warga yang rumahnya tak layak huni. Agung meminta agar ASN turut peduli, membantu warga tak mampu.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!