Bupati Agung Ingin Pemalang Jadi Penampungan Sampah, untuk Apa?

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Agung menginginkan Kabupaten Pemalang menjadi TPA sampah regional daerah sekelilingnya. Bukan hanya jadi penampung, Bupati ingin sampah dikelola dengan baik, bahkan harapannya bisa menjadi pembangkit listrik.

Bupati-Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo-Mansur Hidayat, bersama OPD Pemalang meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pesalakan, Desa Pegongsoran,Pemalang, Sabtu 6 Maret 2021.

“Melihat situasi kondisi yang ada, sampah merupakan problem kita, semua Kabupaten/Kota, problemnya adalah sampah ini,” ujar Bupati Agung.

Bupati Agung berharap, nantinya Kabupaten Pemalang memiliki tempat untuk mengendalikan dan mengolah sampah.

“Artinya olahan, nanti diolah untuk kompos. Nanti juga yang an-organik Kita bisa jadikan bahan recycle,” terang Bupati Agung

Bahkan, Bupati Agung menginginkan, sampah-sampah itu nantinya bisa menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS).

Jika nantinya kebutuhan sampah kurang, tutur Agung, maka akan mengajukan ke provinsi agar Kabupaten Pemalang menjadi TPA regional dari beberapa Kabupaten/Kota sekelilingnya.

“Tapi, bukan sekedar untuk (penampungan), tapi karena kita memang butuh sampah. Dan nanti mereka malah membayar kepada kita sebagai tempat penampungan sampah,” ungkap Bupati Agung.

Kembali lagi, lanjut Agung, sampah ini untuk diolah yaitu untuk PLTS.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!