PekalonganSeputar JatengSeputar Pantura

Mensos Risma Apresiasi Penanganan Banjir di Kota Pekalongan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia,Tri Rismaharini, mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pekalongan dalam langkah tanggap banjir di Kota Pekalongan. Kerja sama yang bagus telah diterapkan di semua jajaran mulai Pemerintahan, Kepolisian, dan TNI. Bahkan dari kalangan akademisi dan CSR pun ikut digandeng peduli dengan adanya musibah ini.

Ini disampaikan Mensos Risma saat mengunjungi,salah satu tempat pengungsian di Aula SMK Negeri 2 Kota Pekalongan, Jumat 12 Februari 2021.

Mensos Risma langsung meninjau lokasi pengungsian banjir,mengecek dapur umum di Stadion Hoegeng yang didirikan bersinergi dengan Brimob,TNI dan Tagana, meninjau salah satu lokasi wilayah terdampak banjir di Kelurahan Pasirkratonkramat serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait penanganan bencana di Kota Pekalongan.

Kunjungan Mensos Risma ini disambut oleh Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz, didampingi Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, Kapolres Pekalongan Kota,AKBP M Irwan Susanto, Dandim 0710/Pekalongan, Kajari Kota Pekalongan, Zainul Arifin, perwakilan instansi terkait lainnya,dan sejumlah relawan.

Menurutnya,dalam penanganan banjir di Kota Pekalongan,yang menjadi poin penting adalah tidak adanya warga yang terlantar,dan kebutuhan sandang pangan korban banjir terpenuhi.

“Agar warga tidak terlantarkan,yang paling itu. Kami juga sudah mengecek bagaimanan kondisi pengungsian,ketersediaan makanan, penerapan protokol kesehatan,Alhamdulillah semua penanganannya bagus bagus. Terimakasih pak Walikota, Bu Kepala Sekolah yang sudah dibantu menyediakan tempat pengungsian. Selain itu,penerapan protokol kesehatan disini juga sudah bagus,” ucapnya.

Dalam kunjungannya, Mensos Risma turut prihatin atas musibah banjir yang terjadi hampir merata di wilayah pantura khususnya di Kota Pekalongan. Terlebih, pihaknya juga menekankan kepada pemerintah setempat dan pihak-pihak terkait agar dapat mengantisipasi bencana banjir ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan mengetahui penyebab banjir serta mencari solusi penanganannya yang tepat.

“Musibah banjir ini adalah cobaan,kita semua harus sabar, dan saya juga sudah berbincang kepada Pak Walikota dan unsur terkait lainnya mengenai penanganan banjir ini agar jangan sampai menimbulkan korban, penyebab banjir juga harus bisa diketahui dan bisa diselesaikan. Memang tidaklah mudah,karena bencana banjir ini merata hampir seluruh pantura,mulai dari Karawang,Bekasi,Subang,Indramayu,Cirebon,termasuk di Pekalongan ini. Namun,dengan koordinasi dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat,penanganan musibah ini akan dapat dilakukan dengan baik dan semoga genangan banjir bisa cepat surut. Dengan demikian, para pengungsi bisa kembali pulang ke rumahnya dan beraktivitas,” tandasnya.

Mensos Risma juga memberikan bantuan selimut, tikar dan snack , perlengkapan bayi, matras , kasur yang dibagikan kepada para pengungsi. Untuk Kota Pekalongan Total senilai Rp 252.764.600 dan Kabupaten Pekalongan juga Rp 252.764.600 .

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

Amin Nurrokhman

Pimpinan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *