Perumda Tirta Mulia Pemalang Fasilitasi Warga Sodong Ikut Pelatihan Budidaya Ikan Tawar di Klaten

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan kamu disini!

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Enam warga Desa Sodong, Kecamatan Belik, Pemalang, mendapat kesempatan baik untuk mengikuti pelatihan budidaya ikan tawar di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Mereka difasilitasi penuh oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) air minum Tirta mulia Pemalang.

Lima orang perwakilan warga Desa Sodong yang diberangkatkan itu dilepa oleh Direktur Utama Perumda Tirta Mulia, Slamet Efendi, Selasa 12 Januari 2020 di halaman kantor.

Slamet Efendi mengatakan, melalui pemberdayaan masyarakat Desa Sodong dengan pelatihan budidaya ikan tawar seperti nila dan patin diharapkan bisa membantu perekonomian warga setempat, karena Desa Sodong merupakan sumber mata air.

“Pelatihan akan berlangsung selama empat hari di Klaten, dan nantinya meteri yang didapat bisa ditularkan kepada warga sekitar sungai dekat dengan mata air untuk budidaya ikan tawar sehingga mereka bisa mendapatkan hasil dari pemanfaatan sungai,” ujar Slamet Efendi.

Menurutnya, Kabupaten Klaten dikenal dengan budidaya ikan tawar karena memiliki sumber mata air dan sungai sungai dengan aliran air yang baik, sehingga diharapkan perwakilan warga Desa Sodong bisa menerapkan sebagaimana karakter air yang dimiliki wilayah Sodong dan sekitarnya.

Sementara itu, perwakilan warga Desa Sodong yang mengikuti pelatihan, Sunanto, berharap, ilmu yang didapatnya nanti bisa bermanfaat bagi para warga disekitar sungai dan mata air dalam budidaya ikan tawar. Ia berharap kerjasama PDAM dengan warga sekitar mata air terus dilakukan.

“Terimakasih kepada PDAM yang telah bermitra dengan kami terutama pada saat ini yang telah memfasilitasi warga untuk mengikuti pelatihan di Klaten, mudah-mudahan ini awal dari kesuksesan warga Sodong,” ucapnya.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan