IAIN Pekalongan Dicanangkan Jadi Kampus Tangguh Covid-19

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Usai dibentuk beberapa Kampung Tangguh Nusantara Candi, Kota Pekalongan kini memiliki kampus tangguh dalam mencegah dan melawan pandemi Covid-19.

Kampus IAIN Kota Pekalongan di Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Pekalongan Utara dicanangkan menjadi Pioneer Kampus Tangguh Nusantara Candi yang berada di Jawa Tengah.

Peresmian kampus tangguh tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez didampingi Wakil Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid, di halaman Kampus IAIN Kota Pekalongan, Kamis 2 Juli 2020.

Mewakili Kapolres Pekalongan Kota, Wakapolres Kompol Gangsar Subagyo menyebut, IAIN Kota Pekalongan sebagai kampus tangguh nusantara candi merupakan pilot project di Jawa Tengah yang diinisiasi melalui Sat Binmas Polres Pekalongan Kota.

“Pada hari ini kami jajaran Polres Pekalongan Kota bersama jajaran Forkopimda mencanangkan kampus tangguh yang pertama kali dicanangkan di Jawa Tengah, yakni di Kampus IAIN Pekalongan. Ini upaya pencegahan dan menekan penularan Covid-19, mengingat pandemi ini belum berakhir dan sangat berdampak pada sektor kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya,” kata Kompol Gangsar.

Kompol Gangsar berharap dengan pencanangan ini, wilayah kampus mulai dari mahasiswa, karyawan, dosen dan warga kampus lainnya mampu melakukan pencegahan Covid-19 secara mandiri dan ketat.

“Sehingga setelah dicanangkan hari ini, kami berharap warga kampus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19
seperti rutin mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan. Cek suhu tubuh sebelum masuk di area kampus, tersedianya bilik disinfektan, wajib bermasker dan jaga jarak,” ujar Kompol Gangsar.

Rektor IAIN Pekalongan, Dr Ade Dedi Rohayana, MAg, menjelaskan Kampus IAIN Pekalongan akan melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan secara ketat di lingkungan kampus dengan membentuk gugus tugas agar bisa diterapkan secara konsisten.

Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan menyampaikan apresiasi atas dicanangkannya IAIN Pekalongan sebagai percontohan Kampus Tangguh Nusantara Candi.

“Tinggal konsistensi menjalankan protokol kesehatan terutama saat kegiatan belajar mengajar sudah dimulai. Semoga ini awal yang baik sebagai pioneer di kampus-kampus lainnya untuk menjalankan hal serupa,” ujarnya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan