200 ASN di Lingkungan Pemkab Banyumas Ikuti Tes Swab

0

PUSKAPIK.COM, Purwokerto – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kantor Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD mengikuti tes swab massal di teras Kantor Wakil Bupati Banyumas, Rabu, 1 Juli 2020. Tes massal yang digelar tim Dinas Kesehatan itu dilatarbelakangi perkembangan Covid-19 yang semakin baik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Sadiyanto mengatakan, tujuan dilakukannya tes massal ini adalah untuk mengetahui gambaran nyata perkembangan Covid-19 di Banyumas. Menurutnya, jika hasil tes massal itu negatif semua, maka berarti bagus seperti kondisi sebenarnya.

ASN di lingkungan kantor Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD mengikuti tes swab massal di teras Kantor Wakil Bupati Banyumas, Rabu, 1 Juli 2020. FOTO/DOK.HUMAS PEMKAB BANYUMAS/PUSKAPIK

Untuk diketahui bahwa angka reproduksi virus (Rt) di Banyumas semakin menurun, yaitu di angka 0,96, sementara idealnya di bawah 1. Menurut WHO itu berada di bawah 0,7. “Lowernya masih di atas 1, under-nya sudah di bawah 1. Dikatakan aman sebenarnya jika median, lower maupun under di bawah 1 semua. Ini yang mengindikasikan virus corona bisa dikendalikan,” katanya.

Sadiyanto menambahkan, rencana tes swab massal itu akan dilaksanakan selama 20 hari ke depan. “Satu hari paling tidak 200 sampel dan perdana kali ini dilakukan pada anggota dewan dan setda. Nanti setelah itu bisa ke masyarakat, masjid-masjid, yang penting ada perwakilan sampling secara acak. Kami awali di lingkungan pemkab,” katanya.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono usai menjalani tes swab optimistis dirinya negatif corona. “Ya optimis saja. Ini sudah dua kali swab, yang pertama negatif,” katanya.

Penulis: Amin Nurrokhman
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini