Kabar Baik dari Pekalongan, Hasil Test Swab 16 Orang Negatif Covid-19

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Pekalongan telah melakukan swab test terhadap 15 warga Kota Pekalongan dan 1 pegawai BNN Batang, di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Hasil test swab menyatakan, 16 orang ini negatif Covid-19.

Sebelumnya, sebanyak 16 orang ini menunjukkan hasil reaktif usai rapid test di Pasar Banyurip dan Superindo Pekalongan.

Itu disampaikan Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, Rabu 3 Juni 2020. “Orang yang reaktif di Pasar Grogolan, Pasar Banyurip, dan Superiondo hasil swab-nya semua negatif Covid-19. Alhamdulillah semua negatif sehingga tidak ada tambahan pasien positif Covid-19 di Kota Pekalongan,” ujar Afzan.

Afzan mengungkapkan, kasus positif Covid-19 dari klaster Gowa, juga dinyatakan sudah negatif dan pada hari ini pulang. “Saat ini masih ada dua kasus positif Covid-19 yakni satu warga Kota Pekalongan dan satu warga Kabupaten Batang. Menurut info dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan bahwa keadaan pasien semakin membaik,” terang Afzan.

Menurut Afzan, kondisi ini belum membuat Kota Pekalongan menjadi zona hijau. Karena zona hijau jika tidak ada kasus positif Covid-19. Meskipun keadaan Kota Pekalongan yang semakin membaik ini harapannya tidak membuat masyarakat melupakan protokol kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, menambahkan, di Kota Pekalongan tidak ada transmisi lokal, kasus yang ada tak menimbulkan kasus baru, seperti yang klaster Gowa tidak ada keluarganya yang tertular. “Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan, tidak ada kasus positif Covid-19 lagi di Kota Pekalongan. Jumlah ODP juga mengalami penurunan, ini menunjukkan kecenderungan semakin kecil, jumlah OPD tiga hari terakhir stagnan 3 orang,” jelas Budi.

Budi menjelaskan, untuk yang Orang Tanpa Gejala (OTG) di rumah singgah masih ada satu. Budi menekankan pastisipasi masyarakat untuk tetap mencegah penularan Covid-19 dengan menjaga jarak, tetap kenakan masker, dan rajin cuci tangan dengan sabun.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini