Dinkes Kota Tegal Gelar Rapid Test Massal di Pasar Tradisional

Petugas Dinas Kesehatan sedang menggelar rapid test di Pasar Kejambon Kota Tegal, Rabu siang, 27 Mei 2020.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK. COM, Tegal – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, menggelar rapid test Covid-19, di Pasar Kejambon, Kecamatan Tegal Timur dan Pasar Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Rabu siang, 27 Mei 2020. Dari dua pasar tradisional tersebut petugas mengambil 30 sampel secara acak di masing-masing pasar.

“Rapid test hari ini di gelar di dua loksi di Pasar Kejambon dan Pasar Bandung, ” ujar Raisa, salah satu petugas Dinkes di Pasar Kejambon.

Dalam rapid test kali ini, petugas menggunakan Pakaian APD lengkap. Petugas tak hanya menyasar pedagang, namun juga pengunjung pasar dan tukang parkir. Setiap orang yang di-rapid test akan ditanya identitas lengkap, riwayat penyakit, riwayat bepergian dan riwayat kontak dengan orang lain.

“Masing-masing lokasi ada 30 sampel warga. Alhamdulillah hasilnya semua negatif, ” ujar Raisa.

Wakil Walikota Tegal, Muhamamd Jumadi, kepada puskapik.com, Rabu siang, 27 Mei 2020, mengatakan, rapid test akan digelar secara periodik di sejumlah tempat publik dan pusat keramaian.

Menurut Jumadi, meski Pemkot Tegal telah mencabut PSBB dan menyatakan Kota Tegal Zero Covid-19 atau zona hijau, namun Pemkot Tegal tetap melakukan antisipasi agar tidak muncul kembali kasus positif Covid-19 di Kota Tegal.

“Rapid test akan terus dilakukan untuk mencegah munculnya kembali kasus Covid-19 di Kota Tegal. Selain itu warga tetap diharuskan melaksanakan protokol kesehatan, ” kata Jumadi.

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan