17 Warga Brebes Diuji Swab Ulang, 13 Negatif, 2 Positif, 2 Invalid

0
ILUSTRASI.NET

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sebanyak 17 warga Brebes, menjalani uji laboratorium sampel usap tenggorokan (swab) ulang. Hasilnya, 13 negatif, dua masih positif dan 2 invalid. Sebelumnya 17 orang itu dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Dari 13 orang dengan hasil uji swab negatif ini, 12 di antaranya dari klaster gowa dan 1 pemudik. Sementara dua orang dengan hasil swab masih positif, semuanya adalah alumni ijtima ulama Gowa.

Imam Budi Santoso, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mengatakan, perkembangan hasil pemeriksaan ini berdasarkan laporan uji swab ulang pertama dari 17 warga yang positif corona. Laporan hasil uji swab ini keluar pada Selasa hari ini.

“Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 17 orang.
Dilakukan swab ulang dengan hasil 13 orang negatif, 2 orang masih positif, dan 2 orang harus diulang karena invallid,” ujar Imam Budi Santoso, Selasa 12 Mei 2020 siang.

Setelah hasil uji swab ulang tahap pertama keluar, mereka akan kembali diperiksa swab ulang tahap dua. Jika dinyatalan negatif untuk uji swab ulang kedua maka pasien bisa dikatakan sembuh.

“Pasien yang terkonfirmasi positif akan di nyatakan sembuh jika hasil pemeriksaan swab ulang ke 1 dan ke 2 berturut-turut dengan hasil negatif,” ungkap Imam.

Proses pengambilan sampel swab ulang tahap kedua ini dilakukan hari ini di RSUD Brebes sebanyak 16 orang dan 1 orang di RSUD Bumiayu. Setelah pengambilan sampel, 12 dari 16 pasien di RSUD Brebes ini kembali ke Islamic Center untuk kembali diisolasi. Sedangkan 4 lainnya tetap dirawat di RSUD Brebes.

Kontributor : Pedro
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini