Pulang dari Jawa Timur, Ratusan Santri Diperiksa Kesehatannya di Terminal Tegal

0
Sejumlah santri sedang menjalani tahapan pemeriksaan petugas Dinas Kesehatan Kota Tegal di Terminal Tegal, Selasa (31/03/2020) petang. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Sebanyak 162 santri dari Jombang, Jawa Timur yang baru tiba di Terminal Kota Tegal menjalani pemeriksaan kesehatan, Selasa (31/03/2020) petang. Pemeriksaan ini sebagai bentuk deteksi dini virus corona jenis baru, Covid-19.

Dua bus yang membawa para santri dari Lirboyo tiba di Terminal Kota Tegal sekitar pukul 17.35 WIB. Setelah turun dari bus, satu per satu santri harus menjalani beberapa tahap pemeriksaan kesehatan.

Pertama, santri diminta masuk ke bilik penyemprotan disinfektan yang telah disiapkan petugas Dinas Kesehatan Kota Tegal. Keluar dari bilik, santri diminta mencuci tangan menggunakan sabun di wastafel. Selanjutnya, santri diperiksa suhu tubuhnya menggunakan Thermogun. Terakhir, santri diminta menulis data pribadi dan alamatnya.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono ikut memantau langsung jalannya pemeriksaan kesehatan para santri. Dedy menerangkan, pemeriksaan untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

“Terminal ini merupakan salah satu titik yang diawasi ketat, selama penerapan isolasi wilayah di Kota Tegal. Semua orang yang datang dari luar kota wajib menjalani pemeriksaan agar tidak menjadi carrier Covid-19 di Kota Tegal,” kata Dedy Yon.

Selama pemeriksaan kesehatan, para santri didampingi oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tegal. Sekretaris Nahdlatul Ulama Kota Tegal, Muslich mengatakan, pemeriksaan di terminal ini adalah pengulangan karena saat hendak pulang juga telah dilakukan oleh pihak pondok pesantren.

“Sebelum berangkat ke Tegal, semua santri sudah diperiksa kesehatannya saat di pondok. Mereka semua dinyatakan sehat,” ujar Muslich.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini