Pasien Positif Corona di Pemalang Nol, 182 ODP dan PDP Sembuh

0
FOTO/PUSKAPIK/ERVIN AFRIWINANDA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kabupaten Pemalang masih menjadi zona aman pandemi virus corona atau Covid-19. Sampai, Jumat malam, 27 Maret 2020, jumlah pasien positif corona untuk warga yang berdomisili di Kabupaten Pemalang masih tetap nihil alias nol. 

Bupati Pemalang DR H Junaedi SH MM, memastikan tidak ada laporan dari seluruh rumah sakit di Pemalang maupun rumah sakit rujukan tentang pasien warga Pemalang yang dinyatakan positif mengidap penyakit Covid-19 (Corona Virus Diseases 19). 

“Sampai dengan malam ini, pasien yang dinyatakan positif corona masih tetap nol, dan mudah-mudahan terus nihil. Tapi kita tetap harus waspada dan terus mengantisipasi,” kata bupati saat dihubungi puskapik.com melalui ponselnya.

Bupati menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar melaksanakan anjuran pemerintah terkait langkah dan upaya pencegahan virus corona. Salah satunya masyarakat harus berpartisipasi dalam program social distancing yakni menjauhkan diri dari tempat-tempat keramaian dan acara-cara yang dihadiri orang banyak.

“Jaga jarak dan minimalkan kontak fisik. Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah dan tempat pelayanan publik serta ruang publik yang dipenuhi kerumunan orang,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Gugus Kerja Covid-19 Pemalang, Ir M Arifin menyatakan, 182 orang yang sebelumnya masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), sudah dipulangkan dan dinyatakan sembuh.

Namun demikian, Arifin yang juga Sekda Pemalang ini meminta warga waspada dan menjaga diri. Pasalnya, ODP di Pemalang mengalami peningkatan signifikan. “Setelah dilakukan penyelidikan epidemologi, ada kasus baru sejumlah 335,” ungkap Arifin.

Dari catatan website resmi Pemalang Tanggap Covid-19 yakni /https://infocorona.pemalangkab.go.id/, angka ODP tercatat 785 orang, 609 orang masih dalam pemantauan sedangkan 176 orang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan.

Sementara jumlah PDP mencapai 12 orang. 6 pasien masih dalam pengawasan, 6 pasien lainnya sudah sembuh dan dipulangkan. Kasus positif Covid-19 masih diangka nol atau nihil. 

Pemkab Pemalang, lanjut Arifin, terus melakukan koordinasi dan berbagai upaya untuk meminimalisir penularan dan wabah Covid-19. Pemda telah menyiapkan ruang khusus perawatan yang tersebar di berbagai rumah sakit di Pemalang baik swasta maupun negeri.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini