Corona, Jumlah Pemudik di Pemalang Turun

0
Terminal Induk tipe A Pemalang, Jumat 27 Maret 2020 PUSKAPIK/FOTO/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Terjadi penurunan signifikan jumlah penumpang bus yang masuk ke Pemalang, sejak darurat Covid-19. Dari pantauan puskapik.com, Jumat 27 Maret 2020, di Terminal Induk tipe A Pemalang, terjadi penurunan jumlah pemberangkatan dan kedatangan penumpang.

Petugas Teknis Administrasi Terminal Pemalang, Fajar Titis Setianto, menyampaikan, terjadi penurunan dalam minggu terakhir, sejak adanya surat edaran tentang Covid 19 dari pemerintah. “Ada penurunan untuk kedatangan 29,54 persen dan keberangkatan 27,65 persen dari minggu sebelumnya sejak imbauan dari pemerintah keluar” ungkapnya.

Selain penurunan penumpang, beberapa armada bus antarkota antarprovinsi juga sudah mengurangi jumlah armadanya saat ini. Hal ini bukan aturan yang dikeluarkan pihak pengelola terminal, tetapi imbas dari penurunan jumlah penumpang. “Pembatasan armada bus dari kami belum, tapi penurunan terjadi secara otomatis dipengaruhi penurunan jumlah prnumpang,” ujarnya.

Terminal pemalang juga memperketat pengawasan terhadap penumpang dan armada bus yang datang. Setiap kedatangan bus dilakukan penyemprotan disinfektan di dalam bus dan penumpang. Lalu pengecekan suhu tubuh penumpang guna melakukan penanggulangan awal Covid 19.

Hal serupa juga terjadi di Stasiun Kereta api Pemalang, menurut petugas customer service Stasiun, Ayang, terjadi penurunan jumlah pemberangkatan dan kedatangan penumpang yang cukup signifikan. “Penurunan jumlah penumpang baik yg datang atau berangkat mencapai hampir 50 persen,” katanya. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pengurangan armada kereta api oleh pikak KAI.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini