Di Pemalang, Kades dan RT/RW Bergerak Cegah Corona

0
Ketua Paguyuban Kades se-Kabupaten Pemalang (Simongklang), Imam Wibowo.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Upaya pencegahan masuknya wabah virus corona terus dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. Salah satu langkah kongkret yang dilakukan adalah mengefektifkan peran aparat kelurahan dan desa hingga RT/RW.

Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Pemalang (Simongklang), Imam Wibowo, mengatakan, sesuai instruksi Bupati Pemalang DR H Junaedi SH seluruh kepala kelurahan (lurah) dan kepala desa (kades) dari 222 desa/kelurahan sudah diperintahkan untuk ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19.

“Bupati meminta agar memaksimalkan peran lurah dan kades sampai dengan tingkat RT/RW dengan seluruh perangkat yang ada, yakni karang taruna, PKK, dan relawan di tingkat desa,” kata Imam dalam keterangan pers kepada Puskapik.com, Senin 23 Maret 2020.

Ia memastikan, seluruh perangkat kelurahan dan desa hingga RT/RW sudah bergerak aktif. Beberapa langkah yang sudah dilakukan antara lain, sosialisasi warga untuk membudayakan pola hidup sehat, penyemprotan disinfektan ke sarana publik dan pembagian hand sanitizer ke warga.

“Sosialisasi pencegahan virus corona sudah dilakukan, dengan memberikan pemahaman ke warga agar untuk sementara waktu meniadakan kegiatan yang menghadirkan kerumunan massa. Penyemprotan disinfektan di desa-desa juga sudah kita lakukan secara mandiri,” jelasanya.

Di beberapa desa, sosialisasi dilakukan dengan cara unik. Kepala Desa dan perangkat desa yang didampingi tim medis puskesmas dan TNI/Polri melakukan patroli keliling menggunakan becak dan alat pengeras seadanya. Mereka menghimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik, namun tetap diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kesehatan.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini