Bupati Pemalang Sidak Kesiapan Posko Covid-19

0
Bupati Pemalang, DR H JUnaedi SH MM, Sabtu siang (21/3/2020), melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesiapan Posko Covid-19 di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/ERVIN AFRIWINANDA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Petugas di Posko Covid-19 Pemalang diperintahkan untuk siaga 24 jam, karena tugas mereka sebagai ujung tombak penanganan virus tersebut.

Perintah untuk terus siaga ini, disampaikan Bupati DR H Junaedi SH MM, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesiapan posko di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang, Sabtu siang (21/3/2020).

Didampingi Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo), Drs Nugroho Budhi Rahardjo, kedatangan bupati diterima Kepala Dinkes, dr Solahudin dan sejumlah tim medis.

“Posko ini juga memiliki fungsi menerima pengaduan masyarakat terkait Corona. Petugasnya harus siap memberikan pelayanan 24 jam, termasuk edukasi kepada masyarakat yang bertanya tentang Corona,” katanya.

Bupati memerintahkan agar Gugus Tugas harus melakukan aksi nyata. “Dibuatkan secara detail teknisnya. Siapa personilnya, uraian tugas dan SOP seperti apa, agar jelas tugas dan fungsinya,” tandasnya.

Ia meminta, pelayanan masyarakat terkait corona untuk dipermudah, tanpa melupakan keselamatan petugas itu sendiri, karena pencegahan penyebaran virus ini membutuhkan kerja sama seluruh pihak.

“Alhamdulillah, sampai hari ini belum ada satupun warga Pemalang yang positif corona. Tapi kita tetap harus antisipasi dan waspada karena ini musibah yang dialami hampir semua negara di dunia, tidak hanya Indonesia. Karena itu, saya minta semua berpartisipasi dengan taat mengikuti petunjuk-petunjuk kesehatan. Semuanya harus berperan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Pemalang, dr Solahudin, mengatakan, pihaknya akan terus secara intensif melaksanakan tindakan disinfektan serentak di berbagai objek umum. Langkah ini juga akan diikuti sampai tingkatan puskesmas di kecamatan dan desa/kelurahan. Selain itu, upaya lainnya adalah melakukan edukasi pola hidup sehat agar penyebaran virus corona bisa dicegah masuk ke Kota Ikhlas.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini