TMMD Sengkuyung Tahap I Kabupaten Banyumas Digelar di Karangmangu Purwojati

0
Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Candra dan Bupati Banyumas Achmad Husein menandatangani pelaksanaan program TMMD Tahap I 2020 di Ruang Joko Kahiman, Selasa (17/3/2020). FOTO/DOK.HUMAS PEMKAB BANYUMAS

PUSKAPIK.COM, Banyumas – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I Tahun 2020 Kabupaten Banyumas tetap dilaksanakan di Desa Karangmangu, Kecamatan Purwojati di tengah merebaknya virus corona. Namun seremonial pembukaan TMMD ditiadakan, dan diganti dengan penandatanganan pelaksanaan program oleh Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Candra dan Bupati Banyumas Achmad Husein di Ruang Joko Kahiman, Selasa (17/3/2020).

Menurut Dandim, TMMD digelar dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program yang dilakukan berupa pembangunan sarana dan prasarana umum serta menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara guna menciptakan masyarakat yang sejahtera dan memiliki ketahanan nasional.

“Program TMMD di Karangmangu ini sudah kita mulai tanggal 16 Maret kemarin, bahkan pra TMMD sudah dilakukan pembangunan fisik yaitu pembuatan dan pengerasan jalan, sampai saat ini sedang berlangsung. Kemudian ada RTLH ada pengobatan massal, penyuluhan kesehatan, dan pembangunan nonfisik lain yang saat ini menjadi permasalahan,” kata Letkol Inf Candra.

Masalah kesehatan menjadi perhatian Tim TMMD, serta masalah-masalah lain yang menjadi kesulitan masyarakat. Dengan begitu, program TMMD diharapkan dapat membantu masyarakat.

Dandim juga meminta masyarakat untuk guyub rukun membangun wilayahnya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Karena saat ini sedang berjangkit virus corona, masyarakat diimbau untuk berperilaku hidup sehat dengan langkah-langkah pencegahan.

“Mari bersama-sama warga masyarakat, kita bergotong-royong, kita bersatu padu meningkatkan sumber daya kita, kemudian mari kita jaga, satu NKRI,” katanya.

Sementara itu, Pasiter Kapten Inf Putut Widodo menambahkan, TMMD kali ini sasaran pokok berupa pembangunan fisik, yaitu pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 1.555 meter dan lebar 2,5 meter serta pembangunan talud 127,73 m3. Serta sasaran tambahan berupa pembangunan bedah rumah dan pemugaran RTLH sebanyak 6 unit. Selain itu, juga ada pembangunan nonfisik berupa sosialisasi maupun pelatihan-pelatihan.

Sementara, Bupati Banyumas Achmad Husein berharap terwujudnya kerja sama dan koordinasi yang baik antarinstansi di daerah serta partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan TMMD agar berdaya guna dan berhasil guna.

Penulis: Amin Nurrokhman
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini