Pantau Rukyatul Hilal Ramadhan 1445 Hijriah, DPD LDII Pemalang : Posisi Hilal 0,4 Derajat

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Pemalang melakukan pemantauan rukyatul hilal Ramadhan 1445 Hijriah, Minggu 10 Maret 2024.

Pemantauan hilal itu dilakukan di rooftop gedung SMA Generasi Unggul (GU), Kecamatan Ampelgading melalui alat teropong untuk pengamatan bulan.

“Dari hasil pengamatan tersebut, pada hari ini, Minggu (10/3/2024) sore tim dari DPD LDII Pemalang posisi hilal masih sekitar 0,4 derajat,” ujar Agus Sarwono, Sekretaris DPD LDII Pemalang.

Agus Sarwono mengungkapkan, dalam pantauan hilal tersebut tidak terlihat, posisi hilal di Pemalang masih di posisi 0,4 derajat, menurut panduan hilal terlihat minimal 3 derajat.

Meskipun DPD LDII Pemalang ikut melakukan pemantauan, tetapi keputusan sepenuhnya ditangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII.

Keputusan DPP dan Dewan Penasehat Pusat (Wanhatpus) LDII menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

Agus mengatakan, berdasarkan informasi yang dikutip dari website Kementerian Agama Republik Indonesia pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1445 H/2024 M jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Penetapan itu didasarkan pada keputusan sidang isbat (penetapan) 1 Ramadan 1445 H yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu 10 Maret 2024.

Selain melakukan pemantauan mandiri, DPD LDII Pemalang juga menghadiri, rukyatul hilal yang diselenggarakan Kementerian agama (Kemenag) Pemalang beserta sejumlah ormas islam.

Ketua DPD LDII Pemalang hadir secara langsung untuk mengikuti pengamatan rukyatul hilal yang dilakukan di menara Masjid Nurul Kalam sore itu.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini