Pasar Darurat Sorogenen Penuh Sampah, Wawali Pekalongan Ajak Kerja Bakti

Advertisement

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Wakil Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid bersama para anggota TNI/Polri dan pejabat di lingkungan Pemkot Pekalongan mengikuti kerja bakti di Pasar Darurat Sorogenen, Jumat (17/1/2020) pagi. Kerja bakti membersihkan pasar yang penuh sampah pascabanjir.

Sejumlah pejabat yang ikut kerja bakti antara lain, Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih dan para asistennya, Ketua DPRD Kota Pekalongan Balgies Diab, serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta stafnya.

Afzan Arslan mengatakan, awalnya rombongan hanya berniat melakukan inspeksi mendadak (sidak) sebagai tindak lanjut dari informasi bahwa Pasar Darurat Sorogenen banjir usai hujan lebat. Sesampai di lokasi, ternyata banyak sekali sampah di gorong-gorong, sehingga diputuskan langsung melakukan kerja bakti.

“Sampah di mana-mana berserakan, menyumbat saluran. Bagaimana tidak banjir? Mari buang sampah tak sembarangan dan menjaga kebersihan pasar,” kata Afzan, Jumat (17/1/2020). “Saya acungi jempol kepada anggota TNI/Polri yang ikut terlibat sampai turun ke got mengambil sampah yang menyumbat, ada keranjang, karung, dan sampah plastik,” ujarnya.

Menurut wakil wali kota, jika lingkungan pasar bersih tidak ada sampah, maka pengunjung pasar akan merasa nyaman saat berbelanja. “Ini perlu kita tekankan ke para pedagang agar sadar bersama untuk menjaga (kebersihan). Meski pun ini pasar darurat, mari tertib buang sampah pada tempatnya,” kata Afzan.

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungan pasar. “Jika kita menjaga lingkungan dan kebersihan pasar, rezeki akan semakin lancar,” ujar Ning.

Ketua DPRD Kota Pekalongan Balgies Diab menyambut baik kegiatan kerja bakti. Balgies berharap kegiatan ini tak hanya seremonial. “Saya ajak seluruh pedagang untuk ikut menbersihkan lingkungan, mari jaga kebersihan Pasar Darurat Sorogenen. Kalau bukan para pedagang yang ikut andil, siapa lagi. Kebersihan bukan sekadar dari iman, kalau pasar bersih jualan juga berkah. Kalau pasar nyaman, pengunjung juga banyak yang datang,” kata Balgies. (YON)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!