PemalangPolitikSeputar JatengSeputar Pantura

Calon Dokter Nyaleg di PKB Pemalang, Bakal Aspirasikan Layanan Kesehatan Gratis

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Calon dokter muda fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Irvancha Aura Fasya Irawan, resmi mendaftar sebagai Bakal Calon anggota DPRD Kabupaten Pemalang Daerah Pemilihan (Dapil) 6 melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Berkas pencalonan itu diserahkan dan diterima langsung oleh ketua DPC PKB Kabupaten Pemalang, Iskandar Ali Syahbana, di kantor DPC PKB Pemalang, Selasa sore 22 Maret 2022. Vinka datang didampingi kedua orang tua dan keluarga.

Irvancha Aura Fasya Irawan yang akrab dipanggil Vinka sendiri merupakan gadis kelahiran asli Kabupaten Pemalang, 10 Juni 2000. Ia adalah putri dari seorang perwira polisi AKP Heru Irawan dan Bidan desa, IKE KN.

Vinka mengaku optimis ingin masuk dalam dunia politik melalui PKB pada pemilihan legislatif pada 2024 mendatang. Kepada Puskapik.com, Vinka mengatakan, bakal membawa aspirasi masyarakat mengenai layanan kesehatan bagi warga kurang mampu.

Meski ada program pemerintah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kata Vinka, tetapi hal itu tidak seluruhnya menjangkau masyarakat yang membutuhkan.

“Jika nanti saya diberi amanah menjadi wakil rakyat, tentu tidak akan kami sia-siakan untuk mengkampanyekan hidup sehat, dan memfasilitasi pelayanan kesehatan sepenuhnya khususnya bagi warga yang tidak mampu,” kata Vinka.

Vinka menuturkan, saat ini dirinya masih menjalani kuliah akhir pada Fakultas kedokteran di UMS dan tahun ini akan menjalani koas dimana sebagai calon dokter harus mengabdikan diri dan berpraktik di rumah sakit.

Meski demikian ia menegaskan akan terus mengabdikan diri ditengah masyarakat jikalaupun nanti terpilih menjadi anggota DPRD.

Selama ini, lanjut Vinka, melalui suport orang tua dan teman-temanya dirinya sering melakukan kegiatan kemanusiaan dan sosial, terlebih ditengah pandemi Covid-19 seperti berbagi terhadap sesama dan sunatan massal.

“Peduli kepada sesama itu tidak melihat umur tetapi kepekaan terhadap lingkungan itu bisa dimulai kapan saja. Sehingga jika nanti saya diberi amanat sebagai anggota legislatif saya akan memanfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC PKB Kabupaten Pemalang, Iskandar Ali Syahbana, mengaku, berbahagia dengan bertambahnya kuota calon legislatif dari kalangan perempuan di partainya dalam kontestasi Pileg 2024 mendatang.

Menurutnya meski Vinka masih tergolong muda, tetapi memiliki semangat yang tinggi dalam berpolitik. Nantinya Irvancha Aura Fasya Irawan akan ditempatkan pada Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Bantarbolang-Randudongkal.

“Dari tahap pertama pendaftaran Bacaleg PKB sudah 80 persen yang masih dari target yang diharapkan. Dan PKB terus berupaya agar PKB bisa meraih 12 kursi pada pileg tahun 2024 mendatang,” katanya.

Iskandar berpesan kepada seluruh Bacaleg PKB agar serius dalam menghadapi Pileg nanti memanfaatkan teknologi yang ada seperti keberadaan media sosial, serta tetap melakukan tatap muka langsung kepada Dapil masing-masing.

Penulis : Dedi Muhsoni

Admin Puskapik

Pemimpin Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *