RSUD Pemalang Bersiap Hadapi Lonjakan Covid-19, Puluhan Pasien Diisolasi

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Rumah sakit umum daerah (RSUD) dr M Ashari Kabupaten Pemalang bersiap hadapi lonjakan kasus Covid-19. Sudah ada puluhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, masyarakat dihimbau terapkan protokol kesehatan.

Direktur RSUD dr M Ashari Kabupatrn Pemalang, dr Aris Munandar, mengatakan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan apabila nantinya terjadi lonjakan kasus Covid-19 ke-tiga.

“Berkaitan waspada varian Omicron ini kami sudah mempersiapkan seperti (lonjakan) yang sebelum-sebelumnya.” terang Aris Munandar, Selasa 8 Februari 2022.

Persiapan itu, jelas Aris, meliputi ruang isolasi untuk para pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan 55 tempat tidur di setiap ruangannya dan disesuaikan dengan kategori pasien.

“Tempat isolasi itu di ruang ababil (ICU), ruang cucak rowo untuk yang gejala sedang, kemudian ruang kasuari untuk ibu-ibu bersalin, di IKR juga ada, kemudian ruang Perina untuk bayi-bayi,” papar Aris Munandar.

Aris menuturkan, kasus Covid-19 di Kabupaten Pemalang mulai melonjak seminggu belakangan. Saat ini ada 27 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD dr M Ashari.

Belum diketahui pasti varian virus Corona apa yang menjangkit para pasien tersebut. “Sampai sekarang kita belum mendapatkan laporan hasil sequencing dari 27 pasien ini, apakah ada Omicron atau belum,” jelasnya.

Dikatakan Aris, pihaknya sudah mulai waspada menghadapi lonjakan kasus Covid-19 ke-tiga. Dimungkinkan, nantinya kebijakan pembatasan penjenguk pasien kembali diterapkan jika kondisi sudah darurat.

“Saat ini kami masih memberi kelonggaran, sehari sekali dengan jumlah pembesuk dibatasi. Tetapi apabila nanti terjadi lonjakan seperti bulan Juni-Juni 2021 lalu, maka sama sekali tak ada jam kunjungan,” ujarnya.

Aris Munandar mengimbau agar masyarakat Kabupaten Pemalang selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat beraktivitas untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top