Duh! Baru Diperbaiki, Sejumlah Titik Jalan DI Pandjaitan Pemalang Rusak

0
Kondisi jalur barat Jalan DI Pandjaitan Kabupaten Pemalang yang mengalami kerusakan pasca-perbaikan.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Jalan DI Pandjaitan Pemalang kembali mengalami kerusakan di sejumlah titik. Padahal, saat ini jalan yang baru rampung diperbaiki itu masih dalam masa pemeliharaan penyedia jasa konstruksi.

Dalam pantauan Puskapik.com, ada beberapa titik kerusakan di jalur barat Jalan DI Pandjaitan yang baru diperbaiki itu. Mulai dari jembatan sungai pesapen hingga traffic light pasar Bojongbata.

Kondisi permukaan jalan tampak bergelombang, retak, bahkan ambles hingga aspal jalan mencuat. Terlihat, sejumlah titik kerusakan itu ditandai dengan coretan cat kaleng (pilox).

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPU TR Pemalang, Andi Lala, mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengukuran hasil pekerjaan perbaikan jalan tersebut.

Pengukuran hasil pekerjaan perbaikan jalan yang dulunya rusak parah itu dilakukan sejak Kamis 2 Desember 2021 lalu, dengan konsultan pengawas, pelaksana, dan tim teknis.

“Untuk pekerjaan yang mengalami kerusakan sudah kami identifikasi dan kami catat agar diperbaiki sebelum dilakukan serah terima pekerjaan dengan PPKom.” ujarnya, Selasa 7 Desember 2021, via WhatsApp.

Andi Lala menegaskan, pihaknya sudah memerintahkan kepada pelaksana pekerjaan agar melakukan pembongkaran pada daerah yang rusak dan diperbaiki (dilakukan pengaspalan kembali).

“Menurut pengamatan kami kerusakan terjadi disebabkan labilnya pondasi jalan pada titik-titik tersebut, ditambah dengan beban kendaraan yang terlalu berat, sehingga aspal yang baru dibangun mengalami kerusakan pada titik-titik tersebut,” terangnya.

Sebagai informasi, dalam APBD Pemalang 2021, perbaikan Jalan DI Pandjaitan dianggarkan Rp 3 miliar. Lelang perbaikan jalan itu dimenangkan PT Maestra Persada Sejahtera, dan dikerjakan sejak akhir Agustus 2021.

Diberitakan sebelumnya, Senin 15 November 2021, Perbaikan Jalan DI Pandjaitan di Kabupaten Pemalang kini sudah mencapai 89 persen. Jalan yang pernah menjadi sorotan Gubernur Jawa Tengah karena rusak parah ini, ditargetkan rampung diperbaiki Desember 2021.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini