Lihat, Medical Intelligence Binda Jateng Blusukan Vaksin Warga Pemalang

0
Tim medical intelligence Binda Jawa Tengah melaksanakan vaksinasi door to door di Desa Karanganyar, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Selasa 7 Desember 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menggelar vaksinasi door to door di Kabupaten Pemalang, Selasa 7 Desember 2021.

Vaksinasi BIN di Kabupaten Pemalang ini, menyasar Desa Bantarbolang dan Karanganyar, Kecamatan Bantarbolang, serta Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal.

Dalam vaksinasi door to door ini, tim taktis medical intelligence blusukan ke kampung-kampung dan menyambangi warga masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi.

Warga Desa Karanganyar, Mardi (61), mengaku, merasa terbantu dengan adanya vaksinasi door to door yang dilakukan Binda Jawa Tengah. Ini adalah kali pertama dirinya divaksinasi.

“Saya belum pernah vaksin, baru pertama ini. Sebelumnya kepikiran nanti enggak bisa kemana-mana, jadi enggak usah vaksin lah. Tapi karena (mereka) kesini ya saya mau,” tuturnya.

Selain dilaksanakan secara door to door rumah warga, vaksinasi Binda Jawa Tengah ini juga digelar di setiap balai desa yang menjadi sasaran vaksinasi.

Kepala Binda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, mengatakan, metode door to door atau jemput bola merupakan cara yang efektif untuk menyisir warga di wilayah agar memperoleh vaksin.

“Nakes dari Binda Jateng didampingi perangkat desa setempat langsung mendatangi kediaman warga untuk divaksin di rumah-rumah terutama untuk lansia dan difabel.” terangnya.

Adanya vaksinasi door to door, kata dia, warga tentu sangat merasakan manfaatnya, karena mampu mencakup mereka yang memiliki keterbatasan ke sentra vaksinasi.

“Terutama kelompok lansia yang capaian vaksinasinya baru mencapai 64,71%.” paparnya.

Di Kabupaten Pemalang ini, Binda Jawa Tengah menyiapkan 1.500 dosis vaksin untuk tiga desa yang menjadi sasaran vaksinasi.

“Kami berharap kekebalan komunal / herd immunity dapat segera terbentuk, dan aktivitas ekonomi dapat Kembali seperti sediakala.” tandas Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Sementara itu, Kepala Desa Bantarbolang, Dyah Anggraeni, menyampaikan terima kasih kepada Binda Jateng, yang telah menyasar kegiatan vaksinasi door to door di desanya.

“Karena memang Bantarbolang belum memenuhi target vaksinasi, masih 60 persen, dengan adanya vaksinasi ini mudah-mudahan bisa mendongkrak.” ungkapnya.

Sebagai informasi, di hari yang sama vaksinasi Binda Jawa Tengah ini juga digelar di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Rembang, Kabupaten Wonosobo dan serta Kabupaten Temanggung.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini