Jalan Lintas Desa Rusak, Anggota DPRD Pemalang: ‘Desi’ Jangan Cuma Slogan

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Anggota DPRD Pemalang, Rismanto, terjun langsung dalam aksi swadaya warga mengurug jalan lintas desa yang rusak. Ia tekankan agar ada komunikasi yang baik antar desa dalam pembangunan.

Warga Desa Tegalsari Barat, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Minggu pagi 21 November 2021, bergotong-royong mengurug jalan penghubung desanya dengan Desa Kendalsari yang rusak parah.

Salah satu anggota DPRD Pemalang dapil setempat, Rismanto, turut terlibat dalam aksi swadaya warga meminimalisir kerusakan jalan yang selama ini dikeluhkan warga.

Rismanto mengaku terenyuh menyaksikan semangat warga menggalang dana serta gotong-royong meminimalisir kerusakan jalan lintas desa yang menjadi akses utama mereka.

Beralatkan cangkul, wakil rakyat Pemalang dari Fraksi Golkar itu terjun langsung meratakan urugan sirtu yang diturunkan dari truk. Dua truk sirtu didatangkannya untuk membantu aksi swadaya para warga ini.

“Status jalan ini sudah positif status desa, pemerintah desa juga harus memikirkan untuk kedepannya,” ujar Rismanto.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bakal berkomunikasi dengan anggota DPRD Pemalang lainnya di dapil setempat, untuk memperjuangkan kelayakan jalan ini. Apalagi infrastruktur tengah menjadi ‘PR’ Kabupaten Pemalang.

“Kondisi infrastruktur kita kan sangat parah sekali, solusi yang terbaik ya dari pokir (pokok pikiran) DPRD. Kemungkinan 2023,” terangnya.

Namun selain lewat pokir, menurut Rismanto, tidak menutup kemungkinan perbaikan jalan desa ini dianggarkan melalui APBDes serta Pemerintah Daerah, mengingat tahun 2022 infrastruktur menjadi fokus utama.

Melihat latar belakang jalan yang meliputi Desa Jrakah, Desa Kendalsari, dan Desa Tegalsari Barat ini, Rismanto menilai perlu adanya sinergitas antar desa dalam pembangunan.

“Saya kira kalau tiga desa itu komunikasi dengan baik, mungkin bisa terbantukan. Desi-nya (desa sinergi) biar bunyi, jadi tidak hanya sebuah slogan atau visi-misi tapi faktanya ada,” tegasnya.

Seperti diketahui, Desa Sinergi (Desi) menjadi salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Pemalang saat ini, selain desa wisata (Dewi), desa digital (Dedi), dan kota industri (Koin).

Diberitakan sebelumnya, Minggu 21 November 2021, warga Desa Tegalsari Barat, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, bergotong-royong mengurug jalan lintas desa yang rusak parah hingga sempat viral di media sosial.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!