Sejumlah Desa di Tegal Mulai Kekeringan, PMI Salurkan Bantuan Air Bersih

Warga Dukuh Margajaya, Desa Tonggara, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, sedang mengantre air bersih yang disalurkan PMI Kabupaten Tegal, Selasa, 5 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/SAKTI RAMADHAN
Iklan

PUSKAPIK.COM, Slawi – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan air bersih di Dukuh Margajaya, RT 21/Rw 08, Desa Tonggara, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Selasa siang, 5 Oktober 2021.

Penyaluran dilakukan dalam 2 trip, untuk memenuhi sedikitnya 78 kepala keluarga di daerah itu mengalami krisis air bersih karena sumber air telah berkurang debitnya akibat kekeringan.

“Untuk hari ini air bersih yang didrop di Dukuh Margajaya, Desa Kedungbanteng, sebanyak 10.000 liter untuk mencukupi kebutuhan 78 KK,” kata Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto.

Dijelaskan, droping air akan dilakukan kembali jika ada permintaan dari kepala desa. Menurut Sunarto, jika tak ada bantuan, warga setempat harus mencari air di luar desa, jaraknya lumayan jauh. Bagi warga yang mampu biasanya membeli dari pedagang air keliling.

“Sumber air di desa sudah tidak mengalir. Kalau tidak ada bantuan , warga harus nyari ke luar desa,” kata Sunarto.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini