HUT ke-76 TNI, Pemkot Pekalongan Harapkan Terus Terjalin Kolaborasi

Jajaran Forkopimda Pekalongan mengikuti upacara HUT ke-76 TNI secara virtual di Aula Makodim 0710/Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI disiarkan langsung dari Istana Kepresidenan Jakarta secara virtual, Selasa, 5 Oktober 2021. Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi meminta transformasi pertahanan TNI harus terus dilanjutkan untuk menghadapi ancaman dengan spektrum semakin luas. Tranformasi juga untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin, Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, dan segenap jajaran Forkopimda lainnya mengikuti upacara di Aula Makodim 0710/Pekalongan. Tema yang diusung dalam Peringatan HUT ke-76 TNI 2021 adalah Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang.

Usai mengikuti upacara, Salahudin mengucapkan selamat kepada TNI yang memasuki usia 76 tahun. Menurutnya, sinergitas yang terjalin antara Pemkot Pekalongan dan TNI/Polri selama ini, terutama dalam penanganan Covid-19, telah terwujud dengan baik.

“Salah satu motor penggerak dalam penanganan Covid-19 di tengah masyarakat ini dari TNI/Polri. Sehingga di HUT TNI ini masyarakat merasa memiliki TNI, karena di masa krisis pandemi kemarin, tanpa memandang tupoksi, TNI bersama-sama Pemkot dan Polri melindungi masyarakat dari sisi mengamankan dari penularan Covid-19 yang merupakan bagian dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta yang berbasis kemasyarakatan,” katanya.

Menurut Salahudin, kemanunggalan TNI bersama masyarakat itu adalah syarat pokok bagi terciptanya keutuhan NKRI sehingga tidak mudah terpecah-belah. “Di usia 76 yang sudah matang ini TNI bisa semakin bermanfaat untuk kemaslahatan rakyat, karena sejatinya TNI juga lahir dari rakyat,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan mengungkapkan bahwa peringatan HUT TNI tahun ini berbeda dari sebelumnya. Peringatan di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan secara terbatas dan sesuai dengan protokol kesehatan secara ketat. “Sehingga, kita mengikuti peringatan HUT TNI secara virtual,” katanya.

Dandim Hamonangan berharap di HUT ke-76 TNI, ke depan TNI semakin sukses, dan semakin dekat dan dapat diterima di hati rakyat.

“Rangkaian HUT TNI ke-76 pada hari ini diisi dengan kegiatan upacara dan tasyakuran sederhana. Selain itu, kami juga telah melakukan kegiatan-kegiatan pelayanan KB gratis, khitan massal, percepatan vaksinasi massal, baksos pembagian sembako kepada warga terdampak Covid-19 dan warga tidak mampu di Kota dan Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini