Kunjungi Pusat Pelatihan ABK, Bupati Pemalang: Ini Langkah Baik Turunkan Angka Pengangguran

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dibukanya pusat pelatihan bagi calon Anak Buah Kapal (ABK) yang akan diberangkatkan ke luar negeri di Kabupaten Pemalang mendapatkan apresiasi dari bupati Mukti Agung Wibowo.

Ini disampaikan bupati saat kunjungan kerja di lokasi pelatihan maritim prestasi Indonesia di Kelurahan Sugiwaras, Kamis 16 September 2021. Menurutnya di Kabupaten Pemalang terdapat 24 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan semuanya bergerak pada sektor laut dan perikanan.

“Maka dari itu standar keahlian dan keterampilan yang sudah ditentukan. Kami melihat adanya pelatihan ABK ini merupakan langkah baik terutama dalam penanganan pengangguran di usia produktif. Kebanyakan ABK hanya lulusan SMP dengan adanya pelatihan tersebut mereka dapat mempunyai kesempatan bekerja di luar negeri,” ujarnya.

Selain itu, upaya tersebut juga mendukung pemerintah dalam mewujudkan program Kota Industri (Koin). Hal ini juga sebagai kewajiban Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pemalang dalam mempersiapkan calon tenaga kerja yang profesional, terampil, dan kompeten.

“Muaranya pada penurunan angka pengangguran,” katanya.

Direktur Pusat Pelatihan Maritim Prestasi Indonesia, Del Agus menyampaikan, sebagai Balai Latihan Kerja (BLK) swasta, sasaran yang dibidik dalam pelatihan ini adalah bekerja di kapal-kapal luar negeri.

“Di sini kami masuk sebagai lembaga pelatihan bukan penempatan. Namun untuk ke depan ada kesempatan membangun kerjasama melalui city to city (C to C) yakni, kerjasama antara Kabupaten Pemalang langsung dengan Korea,” ujarnya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini