Dokter: Bahaya, Kebiasaan Balita Konsumsi Tanah Harus Dihentikan

Dokter sedang memeriksa kondisi Nando, balita pemakan tanah , Senin siang, 13 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/SR
Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Kegemaran balita Vero Fernando alias Nando (3) anak pasangan suami istri Carmo dan Umrotun, warga Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, mengkonsumsi tanah, harus mendapat perhatian serius agar bisa lepas dari kebiasaan buruk tersebut.

Kepala Puskesmas Debong Lor, Kota Tegal, dr. Fikri El Mujahid, saat dimintai tanggapannya terkait kebiasaan Nando, menjelaskan, hal itu akan mengakibatkan Nando kekurangan asupan nutrisi dan Gizi.

Tak hanya itu, kegemaran Nando itu juga dikawatirkan dapat mengakibatkan masuknya kuman dan bakteri cacing serta infeksi organ dalam tubuhnya, karena mengkonsumsi kotoran yang bercampur tanah.

“Dalam jangka lama, kebiasaan itu juga akan mengakibatkan animea akut serta mengganggu tumbuh kembang si anak biasanya tidak senormal anak-anak yang mendapatkan asupan gizi cukup,” kata Fikrie.

Fikrie menambahkan, Nando harus segera diperkenalkan makanan-makanan normal, agar terlepas dari kebiasaan buruknya. Hal itu harus dilakukan agar tidak mengganggu kesehatan si anak.

“Harus segera dibiasakan mengkonsumsi makanan yang baik. Insya Allah kalau itu dilakukan, secara perlahan kebiasaannya mengkonsumsi tanah akan hilang,” tandas Fikrie.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini