BPBD Pemalang: Waspadai Hujan Angin

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – BPBD Pemalang meminta masyarakat waspada dengan adanya hujan angin kencang sore kemarin. Masyarakat diimbau melakukan antisipasi dini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Wahadi, menuturkan, hujan angin kencang Rabu sore 8 September 2021 sebabkan atap rumah warga rusak.

Kerusakan atap rumah warga di antaranya terjadi di Desa Asemdoyong dan Kelurahan Sugihwaras. Selain itu, hujan angin kencang juga menumbangkan pohon.

“Kami dari BPBD selalu siap siaga 24 jam jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujarnya, Kamis 9 September 2021.

Wahadi meminta masyarakat turut melakukan antisipasi dini jika sewaktu-waktu hujan turun disertai angin kencang seperti yang terjadi baru-baru ini.

“Kalau cuaca panas terus tiba-tiba mendung, itu juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Antisipasi dini yang perlu dilakukan, diantaranya seperti menebang pohon besar di lingkungan sekitar yang sudah tua dan rawan tumbang jika diterpa angin kencang.

“Untuk pohon-pohon di pinggir jalan raya, itu kewenangan propinsi. Kami sudah mengusulkan ke Propinsi agar pohon yang sudah tua ditebang,” jelasnya.

Selain menebang pohon tua, kata Wahadi, ketika terjadi hujan angin kencang, masyarakat juga diimbau sigap mencari tempat perlindungan.

“Apalagi jika konstruksi rumahnya sudah tidak layak, rawan ambruk, jangan berdiam di dalam rumah,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Kamis 9 September 2021, Hujan disertai angin kencang sore kemarin, rupanya menimbulkan kerusakan rumah warga dan menumbangkan pohon di sejumlah wilayah Kabupaten Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!