PPKM Darurat, Satpol PP Kota Pekalongan Lakukan Pendekatan Edukatif dan Humanis

Anggota Satpol PP Kota Pekalongan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19 sembari mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Kepala Satpol PP Kota Pekalongan Sri Budi Santoso menekankan kepada anggotanya untuk mengedepankan pendekatan humanis dan edukatif dalam mengawal pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dengan begitu, tidak ada gesekan dengan masyarakat yang justru menjauhkan subtansi pencapaian tujuan penerapan PPKM.

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Satpol PP terkait penertiban PPKM Darurat. Dalam SE tersebut, Satpol PP diminta mengedepankan sikap yang humanis dalam menertibkan masyarakat.

“Kami terus berkolaborasi dengan stakeholder terkait lainnya, agar pesan-pesan edukasi mengenai pentingnya protokol kesehatan bisa lebih dipahami oleh warga. Tentu, kami selalu menekankan kepada anggota kami untuk membangun pelaksanaan protokol kesehatan di tengah masyarakat ini. Basis atau landasan utama adalah dari kesadaran yang berawal dari pengetahuan, pemahaman dan wawasan diri sendiri (yang bersangkutan),” kata SBS.

Ia meminta segenap jajaran dan anggotanya dalam menjalankan tugas dalam penegakan PPKM, penertiban masyarakat maupun tugas Satpol lainnya harus berpedoman sesuai instruksi Mendagri tersebut, yakni tetap humanis, santun, manusiawi, tidak berlebihan meski tetap tegas. Sebab, di tengah masyarakat yang berbeda perlu ada langkah tegas, tapi humanis.

“Kegiatan Jumat Peduli Satpol ini dengan menggandeng Adwika Kota Pekalongan juga merupakan salah satu upaya kami untuk memperkuat aspek humanis Satpol PP dalam menjalankan tugas, dengan turun langsung ke lapangan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19 sembari mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dengan bahasa yang sederhana, santun, sopan, tidak berlebihan dan to the point. Alhamdulillah, sejauh ini pelaksanaan di Kota Pekalongan, pelaksanaan tugas Satpol PP Kota Pekalongan berjalan dengan kondusif,” kata SBS.

Perwakilan Adwika Kota Pekalongan, sekaligus Juara I Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan 2019, Irsa Karina Mandasari mengaku senang dan bersyukur bisa dilibatkan dalam kegiatan Jumat Peduli Satpol PP Kota Pekalongan.

“Alhamdulillah,tentunya kami jadi tahu bahwa kinerja Satpol PP Kota Pekalongan mengutamakan pendekatan humanis di tengah masyarakat, tidak kasar maupun tidak arogan, serta tetap santun dalam mengedukasi warga agar disiplin mematuhi protokol kesehatan dan selalu menaati peraturan-peraturan yang ada,” kata Manda.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

33 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini