Kembalikan Tradisi, FSKPP Gelar Doa Bersama Peringati Harlah Pancasila 1 Juni

0
FSKPP Kabupaten Pemalang menggelar agenda doa bersama memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni di kantor Sekertariat PAC PP Kecamatan Taman. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Forum Silaturahmi Kader Pemuda Pancasila (FSKPP) Kabupaten Pemalang menggelar agenda doa bersama memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni di kantor Sekertariat PAC PP Kecamatan Taman.

Kordinator acara, Wage Taka, Selasa malam, 1 Juni 2021 mengatakan, acara ini sebagai bentuk mengembalikan tradisi di dalam organisasi PP yang sudah ada sejak dulu.

“Tradisi itu adalah menggelar acara pada setiap peringatan hari besar nasional yang berkaitan dengan Pancasila. Dan saat ini kebetulan 1 Juni secara resmi telah ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila,” ungkapnya.

Wage melanjutkan, selain itu momen doa bersama malam itu juga digunakan sebagai momen mendoakan kesembuhan salah satu senior sekaligus pendiri PP Pemalang, Imam Purwaji yang bersedia hadir meskipun dalam kondisi sakit.

Tokoh senior dan pendiri PP Pemalang, Imam Purwaji mengingatkan untuk selalu menjaga persatuan di kalangan sesama kader PP. Ia menceritakan perjuangannya mendirikan PP pertama kali di 1984.

“Situasinya saat itu serba sulit, SK pendirian sempat lama tertunda. Ada intervensi pemerintah sampai pihak keamanan (Kodim) kala itu. Pengorbanan saya untuk PP yakni melepaskan status pegawai negeri saya demi mendirikan organisasi PP. Saat itu memang jarang pegawai negeri yang berorganisasi,” katanya.

Ia melanjutkan, dalam periodenya memimpin PP Pemalang hanya ada 3 DPC PP di Jawa Tengah, yakni Kebumen, Semarang, dan Pemalang. Artinya Pemalang mempunyai sejarah panjang dalam perkembangan PP kala itu.

Imam pun sempat mengutip pesan penting salah satu mantan ketua PP nasional, Japto Soelistyo Soerjosoemarno tentang persatuan dan solidaritas. Ia berharap pesan ini selalu tertanam di hati setiap kader.

“Kita memang bukan sedarah namun persaudaraan kita melebihi apapun. Maka dari itu persatuan harus tetap terjaga,” katanya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, beberapa pengurus PAC dan MPC PP Pemalang. Puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh wakil ketua PAC Taman, Saepur kepada tokoh senior Imam Purwaji.

Penulis: Baktiawan Candheki
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini