Kesbangpolinmas Gelar Penguatan Ideologi Negara dan  Wawasan Kebangsaan

COMAL (PuskAPIK) – Dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI, memperkokoh semangat persatuan dalam berbangsa dan bernegara, Kantor Kesbangpolinmas kabupaten Pemalang mengadakan kegiatan Penguatan ideologi Negara dan  Wawasan Kebangsaan di Pendopo Kecamatanb Comal Kabupaten Pemalang, Selasa (13/11).

Hadir dalam acara tersebut Kesbangpol Provinsi Jateng Purwanto S.Sos, Kasdim 0711/Pemalang Mayor Inf Ahmad, kepala kantor kesbangpolinmas Kabupaten Pemalang Purjanto SH, sekretaris DHC BPK 45 Luruh Sayono, Camat Comak Slamet Suwito SIP, perwakilan LSM wilayah Kecamatan Comal, perwakilan guru SMAN 1 Comal, para Siswa /i SMAN I Comal sertaTP PKK Kecamatan Comal.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 wib tersebut mengangkat tema “Empat pilar bangsa sebagai jati diri manusia Indonesia”, dengan pembicara (nara sumber) adalah Mayor Inf Ahmad (Kasdim 0711/Pemalang).

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Pemalang Purjanto, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan Ketahanan Nasional yang merupakan kondisi dinamis mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi tantangan dan ancaman serta gangguan baik dari luar maupun dari dalam. Ancaman, tantangan dan gangguan yang dihadapi, jangan sampai melunturkan Nasionalisme dan menghilangkan karakter atau jati diri suatu bangsa, sebab keberhasilan suatu bangsa dalam mencapai tujuannya tidak hanya ditentukan oleh kualitas sumberdaya alamnya tetapi juga sumber daya manusianya.

Sementara itu, Kasdim 0711/Pemakang Mayor Inf Ahmad, dalam penyampaian materi Penguatan ideologi Negara dan  Wawasan Kebangsaan, mengingatkan kepada generasi muda agar bisa mengerti akan sejarah bangsa indonesia yang kita cintai dan banggakan. Sebagai generasi penerus harus hati hati dalam mengikuti kegiatan-kegiatan karena saat ini banyak yang ujung ujungnya tidak jelas,.karena sejarah yang diputar balikkan fakta sejarah, meningkatnya perilaku kekerasan dan merusak kalangan remaja, dan banyak ditemukan perilaku penyalahgunaan sex, merokok, narkoba dan obat obatan terlarang dikalangan pelajar dan remaja.

Untuk Mayor Inf Ahmad berpesan kepada generasi mudah harus patuh dan taat sama aturan aturan yang berlaku dan melaksanakan kegiatan agama sebagai pedoman sebagai dasar kehidupan bermasyarakat, melaksanakan sesuai dengan ajaran agama masing masing dan  selalu waspada terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas terhadap keutuhan NKRI.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pancasila sebagai idiologi mengandung nilai-nilai yang dicita-citakan bersama Bangsa Indonesia untuk diwujudkan Sebuah harapan bagu generasi penerus, sebagaimana saat ini berjuang berjiwa pahlawan dalam mengisi kemerdekaan. Para Pahlawan Pejuang Kemerdekaan telah menghantarkan masyarajat Indonesia menuju jembatan emas ke gerbang Kemerdekaan. Sebuah harapan yang pernah dilakukan para pejuang yakni, rela berkorban, tanpa pamrih, punya integritas yang tinggi, kesetiannya terhadap Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Agar cita-cita masyarakat adil dan makmur, bangsa yang mandiri dan bermartabat segera terwujud. (hp)