Begini Istimewanya Tahu Dongkal, Pemalang

0
Proses pembuatan Tahu Dongkal di Desa Dukuh Parud, Kecamatan Randudongkal, Pemalang.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bisa dibilang, tahu sudah menjadi makanan pokok pelengkap santapan sehari-hari masyarakat di tanah air. Makanan yang terbuat dari olahan kedelai ini, cocok disandingkan maupun dibuat beragam kudapan.

Makanan yang berbentuk kotak dan bertekstur empuk ini, juga menjadi salah satu produk kuliner khas di Kabupaten Pemalang, yang cukup terkenal, yaitu tahu Dongkal.

Sesuai dengan namanya, tahu Dongkal ini diproduksi di Kecamatan Randudongkal, yang terletak di wilayah Kabupaten Pemalang selatan. Di sana, sentra pembuatan Tahu Dongkal ini berada di Desa Dukuh Parud.

Sampai-sampai, hampir seluruh warga di Desa tersebut memproduksi makanan khas kebanggaannya ini.

Salah satu pemilik usaha Tahu Dongkal, Kholifah, menuturkan, baik dari segi rasa maupun bentuk Tahu Dongkal berbeda dengan tahu-tahu pada umunya.

“Kalau tahu biasa itu biasanya isinya kosong, kalau tahu Dongkal itu lebih padat karena isinya lebih banyak, jadi lebih kenyal,” tutur Kholifah, Sabtu 17 April 2021.

Selain dari segi bentuk, kata Kholifah, rasa dan warnanya berbeda. Tahu Dongkal cenderung berwarna lebih kuning dan cerah, karena menggunakan campuran kunyit pada proses pengolahannya.

Begitu juga dari segi rasa, tahu-tahu pada umumnya, biasanya menaburkan garam diatas permukaan tahu setelah proses pengolahan tahu selesai.

“Kalau Tahu Dongkal itu garamnya langsung dicampur dengan air pada saat direbus sehingga selain merata, rasa juga akan lebih meresap,” jelas Kholifah.

Diungkapkan Kholifah, produk tahu Dongkal buatannya sendiri, biasa dijual di pasar wilayah setempat. Selain itu, ia juga menyuplai kepada pedagang sayur keliling.

Namun tak jarang, orang dari luar kota menyempatkan diri ke Randudongkal hanya untuk membeli tahu dongkal, apalagi saat mudik tiba.

“Bulan puasa biasanya meningkat, tapi karena tidak ada orang yang mudik jadi ya biasa. Kalau yang sudah-sudah pasti lumayan,” tandas Kholifah.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini